oleh

Lebah Besar Pemakan Daging Asia yang Bunuh 50 Orang di Jepang Tiap Tahun Muncul di AS

Kabar6-Lebah besar pemakan daging Asia, yang dikenal bisa membunuh 50 orang di Jepang setiap tahun, baru-baru ini terlihat di Negara Bagian Washington.

Pawang dari Kepolisian New York (NYPD), Anthony ‘Tony Bees’ Planakis, melansir mazechmedia, mengingat dia pernah memperingatkan penegak hukum pada 2012 lalu. “Saya mengatakan bahwa masalah mereka bukanlah tawon (bee), melainkan (lebah besar) ini,” kata Planakis.

Lebah tersebut bisa tumbuh hingga dua meter, dan pertama terdeteksi di Washington pada Desember lalu, di mana pakar meyakini mereka terbawa ke AS dari Tiongkok. Planakis mengatakan, dia memperkirakan bahwa hewan tersebut akan sampai di Pesisir Timur dalam dua sampai tiga tahun mendatang.

Dalam hal infiltrasi lokal, dijelaskan Planakis, ruang hijau di kawasan luar bisa jadi akan menjadi tempat favorit bagi mereka. “Hal yang dibutuhkan hanyalah beberapa lebah besar, dan Anda akan mendapatkan koloni,” jelas Planakis.

Disebutkan, lokasi di Taman Botani Bronx adalah tempat ideal, karena tempat tersebut merupakan ruangan terbuka dengan banyak makanan. Mereka disebut menanam sarang mereka di pohon yang membusuk.

Seorang pawang lebah Manhattan bernama Andrew Cote mengungkapkan, hewan itu kemungkinan bisa sampai dalam empat hari jika tak sengaja terbawa truk.

“Kita bisa memprediksi mereka akan tersebar di tempat ini di masa depan. Tak terbantahkan. Tak bisa mengadangnya jika sampai di Pesisir Barat,” kata Cote.

Diakui Cote, kemungkinan menghadapi lebah tersebut tanpa peralatan memadai membuatnya bergidik, karena ‘lebah pembunuh’ ini dikenal agresif. Lebah besar Asia, dijelaskan Cote, biasanya mencabik lebah madu karena mereka butuh protein untuk menghidupi koloni mereka sendiri.

Sementara Planakis mengatakan, bagian terburuk dari lebah itu adalah racunnya yang di dalamnya mengandung feromon untuk memikat lebah lain. “Jadi, Anda bisa dalam bahaya hanya karena satu sengatan aromanya akan menyebar ke udara, dan seisi sarang bakal datang.”

Berbeda dengan lebah madu yang menyengat sekali kemudian mati, lebah besar ini bisa menyerang korbannya beberapa kali. ** Baca juga: Dilelang Sebongkah Meteorit Bulan Terbesar di Dunia Seharga Puluhan Miliar

Mengerikan!(ilj/bbs)

Berita Terbaru