oleh

Layanan Kesehatan Gratis, RS Bhayangkara Polda Banten Gelar Bakti Sosial

Kabar6-Polri memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada 54.535 warga Indonesia di 34 Polda yang ada di 34 Provinsi. Di Polda Banten sendiri, sekitar lima ribu warga ikut pengobatan gratis berupa operasi katarak, sunat, operasi bibir sumbing dan lainnya.

“Banten menjadi pusat karena Pusdokkes Mabes Polri juga bergabung bersama Polda Banten. Kegiatan ini perintah Kapolri kepada seluruh jajaran Polri. (Polri) tidak semata melakukan penegakan hukum, tapi juga melakukan kegiatan terhadap potensi penyebab gangguan Kamtibmas,” kata Kabarhakam Polri, Komjen Pol Condro Kirono, ditemui di RS Bhayangkara Polda Banten, Selasa (15/10/2019).

Menurut Condro, tingginya kriminalitas bisa disebabkan oleh kesejahteraan berupa ekonomi, akses kesehatan berupa pelayanan rumah sakit, hingga pengangguran. Harapannya, dengan adanya RS Bhayangkara Polda Banten dan pengobatan gratis hari ini, bisa membantu masyarakat umum untuk mengakses kesehatan.

RS Bhayangkara Polda Banten dibangun menggunakan anggaran dari Mabes Polri. Kini, sudah mendapat tipe C dari Kemenkes. Kedepan, masyarakat umum.biss berobat menggunakan kartu BPJS.

“Selain untuk kebutuhan prajurit Polri, juga untuk masyarakat umum. Saat ini kita sedang berproses dengan BPJS. Kalau prosesnya sudah disetujui, maka masyarakat bisa ditanggung oleh pemerintah,” terangnya.

**Baca juga: 30 Ribu Personel TNI-Polri Jaga Pelentikan Presiden-Wapres Di Jakarta.

Nantinya, seluruh identifikasi dan proses otopsi bisa dilakukan di RS Bhayangkara Polda Banten. Tidak lagi harus menempati rumah sakit lain, seperti yang terjadi saat identifikasi korban tsunami Selat Sunda lalu. “Kedepannya nanti semoga bisa dipusatkan disini untuk identifikasi dan otopsinya,” jelasnya.(Dhi)

Berita Terbaru