oleh

Layanan Baru, Drone Dimanfaatkan untuk Kirim Darah ke Rumah Sakit di North Carolina

Kabar6-Agar mempercepat layanan pengiriman dalam hitungan beberapa menit saja, perusahaan ekspedisi UPS meluncurkan layanan terbaru, pengiriman darah ke rumah sakit menggunakan perangkat drone.

Layanan ini, melansir theverge, tersedia di area kampus kedokteran WakeMed Raleigh, North Carolina. Drone milik UPS akan digunakan untuk mengirim sampel darah dari kampus WakeMed ke rumah sakit atau laboratorium di sekitarnya, dan akan diterbangkan dengan kecepatan tinggi agar cepat sampai tujuan. Perangkat drone yang digunakan adalah M2 Quadcopter dari pengembang Matternet, yang dapat memboyong paket seberat dua kilogram dengan jarak tempuh 20 kilometer.

Dulu sewaktu menggunakan metode konvensional seperti diantar kurir memakai mobil, waktu tempuh dari WakeMed ke rumah sakit mencapai 30 menit, itupun jika jalanan tidak macet. Sebaliknya, jika memakai drone, waktu yang diperlukan hanya sekira tiga menit 15 detik. “Waktu pengiriman yang sangat cepat ini tidak hanya penting, tetapi juga dapat mengubah hidup seseorang,” jelas Bala Ganesh, Vice President of Advanced Technology Group di UPS.

Ditambahkan, “Layanan yang kami tawarkan dapat membantu para tenaga medis dalam meningkatkan pelayanan bagi para pasien.” ** Baca juga: Mendatang, Jalan Paling Berliku di San Francisco Dikenakan Tarif

Pengiriman darah melalui drone saat ini dibatasi maksimal 10 pengantaran setiap harinya. Namun tentu saja mendatang jumlah ini akan ditambah, terutama jika layanan ini berhasil mencapai target dan sukses membantu para tenaga medis dan pasien yang membutuhkan pasokan darah.

Benar-benar membantu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru