oleh

Lawan Kecanduan Garam & Gula dengan Cara Ini

Kabar6-Meskipun memberi rasa lezat sekaligus gurih pada makanan atau minuman yang dikonsumsi, garam dan gula pada dasarnya bukanlah ‘sahabat’ bagi tubuh. Hal ini karena bila dikonsumsi secara berlebihan, kedunya bisa memicu timbulkan sejumlah penyakit.

Nah, bagaimana agar konsumsi garam dan gula tak lagi berlebihan? Melansir Kompas, berikut lima cara melawan kecanduan garam dan gula:

1. Makan secara teratur
Makan secara teratur, yaitu makan tiga kali dengan dua kali snack, akan menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Menurut Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD, nutrisionis dari Cleveland Clinic Sports Health, makan secara teratur sepanjang hari membantu mengendalikan keinginan mengonsumsi garam dan gula.

2. Program ulang selera
Cobalah melatih lidah untuk menyetel ulang preferensi citarasanya. Selama beberapa minggu, kurangi konsumsi garam dan gula di semua makanan yang disantap. Ganti garam dengan percikan minyak zaitun extra virgin, dan ganti camilan dengan dark chocolate yang ditambahkan potongan kacang mede.

3. Cari dukungan
Minta dukungan dari teman di kantor atau pasangan di rumah untuk membantu Anda menjalankan latihan ini. Anda dapat membeli makanan penutup berupa buah-buahan segar, dan bukannya kue atau puding yang manis.

4. Pertimbangkan diet puasa
Diet puasa atau intermittent fasting dapat membantu mengurangi rasa lapar sekaligus kecanduan garam dan gula. Diet puasa adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu, namun kita masih dapat mengonsumsi minuman.

Diet puasa tidak mengatur makanan apa yang harus dikurangi atau apa yang harus dikonsumsi, namun lebih mengatur kapan kita makan dan kapan harus berhenti makan. Biasanya metode ini menganjurkan untuk puasa makan selama 16 jam, namun waktunya dapat Anda yang tentukan sendiri.

5. Kenali tubuh sendiri
Kecanduan garam atau gula bisa terjadi karena kita mengalami stres, sehingga menginginkan makanan dengan cita rasa tertentu. Cobalah lakukan meditasi, olahraga, atau membaca untuk menenangkan diri. Pastikan juga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ini akan mencegah kita dari serangan stres yang berlebihan. ** Baca juga: Kebiasaan Harian yang Bisa Picu Penyakit

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru