oleh

Launching ‘Si Pangsi’, Ketua KPU Tangsel: Bangkitkan Nilai Budaya Tangsel

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan melaunching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangsel 2020, yang diselenggarakan di Universitas Terbuka (UT), Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, pada Senin 9 Desember 2019.

Sebelum melaksanakan acara inti di UT, KPU bersama Kepala Daerah, elemen masyarakat, dan partai politik melakukan konvoi untuk memeriahkan launching Pilkada yang dilakukan dari Polres Tangerang Selatan.

Kegiatan konvoi ini dilakukan bertujuan untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat Tangsel bahwa pelaksaan Pilkada di Kota Tangsel akan dilaunching.

Dalam konvoi tersebut, para peserta memakai pakaian adat. Konvoi dimulai sekira pukul 10.00 WIB dari Polres Tangsel dan ditargetkan sampai pukul 12.00 WIB di UT.

Dalam launching ini, KPU Kota Tangsel juga melaunching maskot untuk Pilkada Tangsel 2020 yang diberi nama ‘Si Pangsi’ yang secara umum berarti mengangkat tentang budaya, nilai-nilai budaya dibangkitkan dan diangkat oleh penyelenggara Pilkada 2020

Kepala KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan, Si Pangsi kalau temen-temen lihat misalnya tidak hanya milik betawi, tapi misalnya di Ponorogo.

“Ponorogo itu punya reog yang bajunya kaya si Pangsi kalau dari secara umumnya, untuk penjelasan resminya kita punya semacam catatannya,” ujar Bambang kepada wartawan di Ruangan UTCC Universitas Terbuka, Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Senin (9/12/2019).

Lanjut Bambang, sifatnya itu, karena mengangkat tagline ‘Pilkada Berbudaya Tangsel Berdaya’ maka pihaknya merumuskan itu dengan si Pangsi.

“KPU Kota Tangsel sebelum merumuskan tagline dan maskot itu berkunjung ke kampus-kampus misalnya ke UMJ, dengan bu Warek ibu Endang mantan KPU RI, kemudian ke Pak Jakasinur, kemudian ke budayawan, dan banyak lagi Pak Ray Rangkuti, untuk mencari, menggali informasi tentang nilai-nilai Pilkada Kota Tangerang Selatan,” jelasnya.

Tahapan dimulai dari pendaftaran bakal calon dan juga pasangan pencoblosan, saya ingin menyampaikan betul.**Baca juga: Sebelum Launching Pilkada 2020, KPU Tangsel Lakukan Konvoi.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menuturkan, tahapan Pilkada dimulai dari pendaftaran bakal calon dan juga pasangan pencoblosan, dirinya menyampaikan kepada penyelenggara mari bersama-bersama bersinergi.

“Terutama untuk memastikan data pemilu tetap, jangan sampai ada masyarakat yang tidak bisa menyalurkan hak karena ini adalah pesta demokrasi, tentunya menyebabkan kesuksesan sebuah pemilihan adalah tingkat partisipasi,” jelas Airin saat sambutan.

Diketahui Pilkada serentak ini akan lakukan pemungutan suara pada 23 September 2020.(eka)

Berita Terbaru