oleh

Lapas Rangkasbitung Tebar Ribuan Benih Ikan Nila untuk Napi Jalani Asimilasi

Kabar6-Upaya meningkatkan keterampilan narapidana (Napi) terus dilakukan di Lapas Kelas III Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Teranyar, sebanyak 2.000 ekor benih ikan nila dari Balah Benih Ikan Dinas Perikanan Lebak, ditebar di kolam sarana asimilasi dan edukasi (SAE).

“Sebagai media baru bagi warga binaan yang melaksanakan asimilasi di SAE, menambah life skill-nya,” kata Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto, dalam keterangannya, Sabtu (25/6/2022).

Menurut Budi, ikan nila mempunyai daya tahan hidup yang cukup kuat, serta memiliki kemampuan berdaptasi dengan tempat baru yang juga cukup baik.

“Semoga dari 2.000 ekor yang kita tebar, indukannya bisa bertelur dan melahirkan benih yang baru, sehingga kolam akan bisa dikelola secara berkelanjutan dan jadi nilai tambah keterampilan,” terang Budi.

**Baca juga: Mirip IKN, Calon Lahan Relokasi Korban Banjir di Lebak Bakal Dikaji Pusat Air Tanah dan Geologi

Kasubsi Pembinaan, Eka Yogaswara, menuturkan, kolam yang sudah diisi oleh ribuan benih ikan akan bisa memberikan manfaat yang besar, terutama terhadap kemandirian bagi napi.

“Kita sudah punya beberapa kegiatan, dan yang nila ini akan menambah kreativitas mereka (Napi-red), karena jeruji hanya pembatas ruang gerak tapi bukan membatasi kreativitas yang jadi upaya kita untuk menyiapkan mereka ketika nanti bebas,” jelas Eka.(Nda)