oleh

Lapas Pemuda Tangerang Gelar Pelatihan Kemandirian WBP

Kabar6-Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya beragam pelatihan kemandirian kepada para WBP.

Beragam pelatihan kemandirian yang diberikan diantaranya Pelatihan Budidaya Tanaman Buah dan Sayur dan juga Pelatihan Otomotif.

Untuk pelatihan budidaya tanaman buah dan sayur sendiri terselenggara berkat kerjasama dengan PT East-West Seed, sedangkan pelatihan otomotif sendiri merupakan hasil kolaborasi dengan Ricardo Matic.

Keduanya sendiri diumumkan di sela-sela penyelenggaraan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten yang digelar di Lapas Pemuda Tangerang, Sabtu (27 April 2019) silam.

kabar6.com
Beragam pelatihan kemandirian yang diberikan diantaranya Pelatihan Budidaya Tanaman Buah dan Sayur dan juga Pelatihan Otomotif.(Vee)

Jumadi selaku Kepala Lapas Pemuda Tangerang mengatakan bahwa pelatihan-pelatihan seperti ini harus sering diadakan supaya para Warga Binaan bisa mendapatkan bekal ilmu yang bermanfaat setelah habis masa pidananya kelak.

Selain itu, Jumadi juga mengatakan bahwa ini merupakan salah satu komitmen Lapas Pemuda Tangerang untuk terus memberikan ilmu yang bermanfaat kepada para WBP.

“Semoga kami bisa terus menggelar pelatihan-pelatihan serupa agar para WBP kami bisa memiliki bekal ilmu yang bermanfaat yang bisa dimanfaatkan mereka ketika bebas kelak. Ini merupakan bukti komitmen kami dalam menciptakan WBP yang berdayaguna dan bermanfaat di masyarakat. Sehingga harapan kami, setelah mereka bebas tidak kembali mengulangi kesalahan yang sama,” ujar Jumadi.

Khusus pelatihan budidaya tanaman buah dan sayur, ada beraneka ragam bibit yang telah disiapkan. Adapun bibit yang disediakan diantaranya bibit tanaman sayuran cabai, bayam, labu madu, melon madu, dan juga jagung varietas terbaru. Pelatihan ini sendiri diikuti oleh sekitar 30 WBP yang sedang mengikuti program asimilasi.

Bahkan, guna memaksimalkan penanaman dan budidaya tanaman-tanaman tersebut, pegawai Lapas Pemuda Tangerang yang bertugas di Seksi Kegiatan Kerja turut ikut andil dalam proses tersebut.

Tri Wahyu Santosa, Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Pemuda Tangerang, mengatakan, selain para WBP, pihaknya sendiri juga ikut turut langsung guna meningkatkan kualitas tanaman yang dibudidayakan.

“Kami juga telah membuat jadwal piket khusus supaya tanaman kami bisa menghasilkan buah dan sayur dengan hasil yang terbaik. Kami juga minta doanya supaya panen raya yang, Insya Allah, akan digelar pada bulan Juli mendatang dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Selain pelatihan budidaya tanaman buah dan sayur, Lapas Pemuda Tangerang turut menggelar pelatihan otomotif. Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Seksi Giatja Lapas Pemuda Tangerang dengan PT Ricardo Matic.

Kegiatan ini diikuti oleh total 40 orang WBP dan dipantau langsung oleh Tri Wahyu Santosa selaku Kepala Seksi Giatja Lapas Pemuda Tangerang, dan juga dilatih langsung oleh Ricardo selaku pemilik dari Ricardo Matic.**Baca juga: Dua Putri Trah Banten Santer Nyalon di Pilwalkot Tangsel 2020.

Pelatihan ini sendiri sedianya akan diselenggarakan selama 3 bulan ke depan. Terhitung mulai dari Juli hingga September mendatang.(Vee)

Berita Terbaru