oleh

Lapas Narkoba di Banten Over Kapasitas Hingga 60 Persen

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, Kombespol Heru Febrianto mengakui jika penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) narkoba di Banten semakin membludak. Akibatnya, terjadi kelebihan kapasitas lapas hingga 60 persen.

Pada tahun 2015, penghuni Lapas Narkoba di Banten mencapai 300 orang. Jumlah tersebut, tidak diimbangi dengan ketersediaan ruangan di lapas. Akibatnya, ruangan untuk pengedar dan pengguna tidak dapat dipisahkan.

“Hal yang sedang dihadapi adalah minimnya ruangan di lapas, sehingga di dalam tidak ada pemisahan antara pengguna dan pengedar narkoba,” kata Kepala BNN Provinsi Banten, Kombespol Heru Febrianto, saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (26/4/2016).

Kondisi lapas yang yang sudah tidak layak, kata Heru, menjadi kendala bagi BNN. “Tempatnya juga tidak memadai. Sudah tidak layak lah, sudah melebihi kapasitasnya,” ujarnya.

Untuk menekan angka penghuni Lapas, BNN berupaya melakukan rehabilitasi terhadap pengguna di dalam lapas. Mekanisme rehabilitasi yang dilakukan, tidak berbeda jauh dengan rehabilitasi terhadap pengguna yang ada di luar lapas. **Baca juga: Truk Diduga Bermuatan Daging Celeng Disergap di Tol Tamer.

“Petugas kami ada disana untuk rehabilitas para napi narkotika,” katanya.(zis)

Berita Terbaru