oleh

Lapar Usai Olahraga, Sebaiknya Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Kabar6-Rutin olahraga memang sangat disarankan karena baik untuk kesehatan, sekaligus dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Dan usai berolahraga, biasanya Anda akan merasa lelah sekaligus sangat lapar.

Salah memilih makanan, bisa membuat olahraga Anda selama ini akan sia-sia. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan apa-apa, lho. Hal ini karena setelah berolahraga, tubuh juga membutuhkan nutrisi tepat untuk mengembalikan stamina. Melansir Magforwoman, ini makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi:

1. Buah segar
Setelah berolahraga, paling baik adalah mengonsumsi buah segar seperti apel, kiwi, semangka dan lainnya. Hal ini karena buah memiliki kandungan gula alami yang dapat menggantikan energi setelah berolahrga.

Buah juga dapat memberikan kesegaran pada tubuh, terutama buah seperti semangka kaya akan kandungan air yang dapat mendinginkan suhu tubuh.

2. Susu cokelat rendah lemak
Susu cokelat rendah lemak dapat meningkatkan energi setelah berolahraga, dan memberikan nutrisi bagi tubuh. Susu cokelat juga mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh, dan baik untuk sistem metabolisme tubuh.

3. Sarapan sehat
Apabila berolahraga di pagi hari, tentu perlu sarapan karena Anda membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas harian. Namun tentu harus sarapan yang sehat agar olahraga pagi Anda tidak sia-sia.

Anda bisa membuat omelet dari dua butir telur dengan menambahkan bawang cincang dan tomat. Bawang adalah salah satu bumbu yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan. Telur kaya akan protein dan dapat meningkatkan proses metabolisme, sehingga makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet.

4. Jus buah
Saat lelah berolahraga tentu akan terasa segar bila minum jus buah. Pilih jus buah berry atau segelas jus jeruk sambil mengonsumsi dua butir putih telur rebus. Jus buah dan telur rebus dapat membuat Anda lebih rileks, bersemangat dan tentunya makanan ini mengenyangkan. Hal ini karena jus dan telur memberikan karbohidrat dan vitamin C yang baik bagi tubuh.

5. Kacang almond dan selai kacang
Setelah berolahraga, Anda dapat mengonsumsi segenggam kacang almond atau dua sendok makan selai kacang. Karena kacang almond mengandung protein, lemak baik dan juga karbohidrat untuk tubuh, sehingga mampu menggantikan energi yang telah terpakai setelah berolahraga.

6. Yoghurt
Camilan enak yang satu ini paling tepat di konsumsi setelah berolahraga dengan sebuah apel dan buah segar lainnya. Yoghurt mampu mendinginkan suhu tubuh setelah berolahraga. Semangkuk yoghurt dengan potongan apel menyediakan karbohidrat, protein dan serat yang baik untuk pencernaan.

Olahraga yang Anda lakukan akan memberikan efek, asal dilakukan dengan rutin dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga. ** Baca juga: Apa Alasan Makanan Olahan Bisa Bikin Berat Badan Melonjak?

Selain itu, hindari minum kopi atau teh manis setelah berolahraga, karena dapat memicu respon insulin, dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah, serta dapat mengubah karbohidrat menjadi lemak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru