oleh

Lapar Bisa Muncul Karena 6 Hal Ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tubuh yang perlu asupan nutrisi dan gizi akan mengirimkan sinyal-sinyal seperti lemas, kepala pusing, dan perut keroncongan. Gula darah yang menurun inilah penyebab mengapa Anda merasa lemas dan pusing saat lapar.

Namun apa jadinya jia setiap saat Anda selalu merasa lapar? Dikutip dari Dreamers, berikut adalah enam hal yang tanpa disadari dapat memicu rasa lapar:

1. Menonton TV
Kegiatan menonton televisi ternyata bisa membuat rasa lapar meskipun perut sudah kenyang. Televisi mengeluarkan berbagai macam rangsangan yang bisa memicu mata untuk mengirim sinyal ke otak untuk makan.

2. Bosan
Rasa bosan atau jenuh juga bisa membuat kita merasa lapar, padahal sebenarnya tidak. Saat bosan, otak mengirim sinyal ke mulut sehingga produksi air liur meningkat. Hal ini menyebabkan tubuh merasa ingin makan sesuatu.

3. Marah
Emosi marah bahkan sampai berteriak-teriak mengeluarkan energi yang tidak sedikit. Karena itulah meluapkan kemarahan bisa membakar kalori dalam tubuh yang mengakibatkan kadar gula darah rendah hingga akhirnya memicu rasa lapar.

4. Sore hari
Sore hari menjelang jam pulang kantor atau sekolah bisa menyebabkan rasa lapar. Hal ini terjadi akibat akumulasi rasa bosan dan juga kelelahan yang dialami seseorang.

5. Stres
Saat stres biasanya seseorang menjadi tidak terlalu memperhatikan apa yang akan dimakan. Makanan tersebut dijadikan sebagai pelampiasan untuk menghilangkan stres yang ada di kepala.

6. PMS
Beberapa hari sebelum menstruasi datang memang bisa membuat perubahan dalam hormon yang membuat nafsu makan bertambah dan ngidam berlebih. Namun tidak perlu kesal dengan hal tersebut keinginan makan bertambah saat PMS adalah hal yang masuk akal. ** Baca juga: 3 Penyebab Migrain yang Tidak Diduga

Pernahkah Anda mengalami salah satu dari keenam hal di atas? (ilj/bbs)

Berita Terbaru