oleh

Langsung Tidur Usai Sahur, Hati-hati Ada Bahaya Kesehatan yang Mengintai

Kabar6-Dengan alasan masih mengantuk, tidak sedikit orang yang langsung tidur usai santap sahur. Padahal, kebiasaan ini ternyata bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Kebiasaan sepele ini bisa menyebabkan beberapa penyakit yang membahayakan tubuh. Tidur setelah sahur, melansir MSN, juga bisa menyebabkan makanan yang dikonsumsi sulit dicerna, sehingga kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan susah diserap. Dampak apa saja yang ditimbulkan jika Anda langsung tidur usai santap sahur?

1. Obesitas
Obesitas bukan hanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan dengan porsi berlebih secara rutin. Ternyata obesitas juga bisa dialami oleh orang yang terbiasa tidur setelah selesai makan, termasuk setelah sahur.

Hal tersebut bisa terjadi karena saat tidur kalori yang masuk ke dalam tubuh akan menumpuk. Akibat dari kebiasaan ini bisa menyebabkan pembengkakan lemak dalam tubuh.

2. Diabetes
Ketika tubuh sudah mengalami obesitas, besar kemungkinan tubuh juga akan terkena risiko penyakit diabetes. Hal ini bisa terjadi akibat adanya lemak dan kalori yang menumpuk dalam tubuh. Biasanya lemak yang terkumpul dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan fungsi organ lain termasuk pankreas.

3. Risiko jantung
Selain diabetes, obesitas juga bisa menyebabkan risiko penyakit jantung. Lemak dan kalori yang menumpuk di dalam tubuh akan menyumbat pembuluh darah. Semakin sering tidur saat sahur maka semakin besar pula risiko terkena penyakit jantung.

4. Nyeri ulu hati
Nyeri di bagian dada atau ulu hati bisa terjadi akibat sering tidur saat sahur. Biasanya orang yang mengalami nyeri ulu hati akan terasa sesak, nyeri, dan panas. Hal ini terjadi karena naiknya asam lambung yang memenuhi rongga dada. Selain itu nyeri ulu hati yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan munculnya risiko penyakit maag kronis.

5. Maag kronis
Selain disebabkan oleh nyeri ulu hati, maag kronis bisa terjadi akibat meningkatnya asam lambung dalam tubuh. Asam lambung bisa meningkat akibat adanya bakteri jahat yang berkembang sempurna di dalam usus. Bakteri tersebut bisa terus berkembang karena makanan tidak dicerna oleh tubuh saat tidur setelah sahur.

Hindari langsung tidur usai sahur agar terhindar dari hal-hal yang merugikan kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru