oleh

Langsing dengan Beberapa Sayuran yang Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar6-Diet saja tidak cukup untuk mengurangi kenaikan berat badan. Anda pun sebaiknya menerapkan kebiasaan sehat seperti olahraga rutin serta mengonsumsi buah dan sayur-sayuran.

Kedua jenis makanan tersebut mengandung serat, mineral dan vitamin. Serat yang dimiliki sayuran tentu lebih banyak dibandingkan buah. Nah, sayuran apa saja yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan? Dilansir Healthline, berikut adalah lima sayuran yang dimaksud:

1. Bayam
Sayuran berwarna hijau ini mengandung vitamin A, E, C dan K dan nutrisi lainnya seperti mangan, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, kalsium, folat serta riboflavin. Selain itu, bayam memiliki kandungan serat dan air yang tinggi sehingga menjaga saluran pencernaan dan lancar buang air besar (BAB).

Bila ingin mendapatkan manfaat bayam untuk menurunkan berat badan, Anda harus menyiapkan 500 gram sayuran bayam dalam menu diet rutin.

2. Paprika merah
Merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat mempercepat metabolisme tubuh dan kandungan vitamin C mampu menjaga kekebalan tubuh.

3. Bawang putih & bawang merah
Keluarga bawang-bawangan yang mencakup daun bawang, bawang putih, dan bawang merah dikatakan mengandung sulfida alil, yang membantu menurunkan berat badan tapi juga memainkan peran penting dalam menurunkan kadar tekanan darah.

4. Sayuran dengan kadar air tinggi
Sayuran yang memiliki kadar air tinggi membantu menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi. Selain itu, kandungan air yang tinggi akan membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu yang lama dan proses pembuangan yang lebih lanca, sehingga sayuran yang mengandung kadar air tinggi dapat membantu menurunkan berat badan. Sayuran tersebut seperti terong, labu kuning, bawang, zucchini, mentimun, dan tomat.

5. Brokoli
Kandungan brokoli adalah 40 persen protein dan 60 persen karbohidrat. Selain itu mengandung vitamin, mineral, dan air. Kandungan karbohidrat kompleks dalam brokoli dapat membantu mengisi perut dan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Karena karbohidrat kompleks akan dilepaskan secara perlahan-lahan dan membantu tubuh menyimpan energi yang cukup. Bukan hanya itu brokoli juga mengandung nutrisi penting seperti selenium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, asam pantotenat dan thiamin. ** Baca juga: Keinginan Konsumsi Junk Food Bisa Dipicu dari 5 Kebiasaan Buruk Berikut

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru