oleh

Langkah Aman Olahraga di Tempat Umum Selama New Normal

Kabar6-Untuk menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19, selain mengonsumsi makanan bergizi dan mentaati sejumlah protokol kesehatan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga.

Nah, selama new normal ini, sudah banyak masyarakat yang berolahraga di sekitar kompleks atau sejumlah tempat-tempat umum. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko penularan COVID-19, terutama bagi masyarakat aktif berolahraga? Melansir Femina, berikut panduan latihan fisik di tempat umum selama masa new normal:

1. Tetap beraktivitas fisik di rumah
Sebisa mungkin, Anda disarankan untuk tetap melakukan latihan fisik atau olahraga di rumah saja.

2. Pastikan sehat dan fit
Pastikan kondisi Anda sehat dan fit saat hendak melakukan latihan fisik atau olahraga di tempat umum, dan pilih tempat olahraga yang berada di zona hijau COVID-19.

3. Tetap jaga jarak
Anda yang melakukan olahraga bersepeda secara berombongan, pastikan jarak antara di depan dan yang belakang minimal 20 meter. Sedangkan yang melakukan lari atau jogging jaga jarak hingga dua meter, sekalipun berolahraga dengan anggota keluarga.

4. Jangan saling pinjam peralatan
Gunakan perlengkapan olahraga sendiri seperti botol minum dan barang bawaan pribadi seperti handuk atau pakaian.

5. Jangan sentuh wajah
Hindari menyentuh permukaan sarana atau peralatan umum dan area wajah terutama mata, hidung, dan mulut selama latihan fisik.

6. Tetap gunakan masker
Anda direkomendasikan untuk melakukan latihan fisik dengan intensitas ringan sampai sedang, dengan tetap menggunakan masker.

Selain itu, ada stratifiksasi atau pengelompokan risiko latihan fisik di lingkungan terhadap penularan COVID-19. Apa sajakah itu?

1. Risiko rendah
Berolahraga di rumah, dilakukan sendiri atau dengan anggota keluarga, dan menggunakan peralatan olahraga miliki sendiri. ** Baca juga: Benarkah Buang Angin Bisa Bakar Kalori?

2. Risiko sedang
Berolaraga di tempat umum, sendiri atau dengan anggota keluarga tidak lebih dari lima orang, serta menggunakan peralatan olahraga miliki sendiri.

3. Risiko tinggi
Berolahraga di tempat umum, berkelompok atau bersama orang lain yang bukan anggota keluarga, menggunakan peralatan secara bergantian.

Selamat berolahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru