oleh

Langka, di Australia Ada Ikan Pari Manta Berwarna Pink

Kabar6-Tidak seperti kebanyakan spesies sejenisnya yang berwarna gelap, ikan pari manta yang ditemui di Great Barrier Reef, Astralia, ini justru berwarna merah muda atau pink.

Seorang fotografer bernama Kristian Laine, melansir metro.co.uk, pergi ke Great Barrier Reef untuk memotret fauna laut seperti kura-kura, hiu, dan pari manta. Laine sama sekali tak menyangka ia bakal menemukan ikan pari manta berwarna pink. “Saya belum pernah mendengar ada manta merah muda dan ketika saya melihatnya, saya pikir kamera saya sedang bermasalah,” ungkapnya.

Ditambahkan, “Saya terpana dan tak tak percaya betapa langka momen yang saya alami.”

Ikan dengan nama latin Mobula alfredi ini pertama kali terlihat pada 2015 lalu. Penyelam Ryan Jeffry berhasil mengabadikan ikan tersebut saat menyelam. Manta pink itu diketahui berukuran sekira 3,3 meter dan diberi nama Inspector Clouseau.

Sejak kemunculan pertamanya itu, manta merah muda masih menjadi spesies yang sulit dipahami. Bahkan penduduk setempat hanya berhasil melihat penampakannya sekira 10 kali saja.

Peneliti dari Project Manta masih melakukan penelitian dari ikan pari merah muda ini, termasuk soal bagaimana manta bisa memiliki tubuh berwarna pink. Peneliti sendiri sudah sempat mengambil biopsi kecil pada 2016 untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai spesies ini.

“Belum ada penyelidikan menyeluruh terhadap diet atau analisis isotop. Namun mengingat stabilitas warna merah muda dari waktu ke waktu, kami pikir diet bukanlah faktor yang menyebabkan manta berwarna pink,” kata Asia Haines, ahli ekologi dari Project Manta. ** Baca juga: Pria Brasil Ini Sulit Dapat SIM Gara-gara Tinggi Badannya 2 Meter

Teori Haines, bisa saja ikan pari manta merupakan sebuah tanda melanin yang berbeda dan sangat unik, meski memang harus dikonfirmasi lagi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru