oleh

Lakukan 9 Kebiasaan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Kabar6-Jantung adalah bagian vital dalam tubuh yang bertugas untuk menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh. Darah bertugas membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh, sekaligus mengangkut zat-zat sisa.

Jantung dan pembuluh darah membentuk sistem kardiovaskular untuk memastikan kelangsungan hidup kita. Jantung yang normal dan sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat dan bekerja dengan baik dalam memompa darah. Jantung yang berdetak secara terus menerus dalam memompa darah, mampu mengalirkan lebih dari 14 ribu liter darah per hari.

Lantas, bagaimana agar jantung selalu sehat? Melansir sheknows, hal pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah berhenti merokok. Ya, merokok telah terbukti memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Berhenti merokok dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung.

Kemudian, jangan lewatkan sarapan yang merupakan waktu makan terpenting, menjadi ‘bel’ yang memberitahu tubuh bahwa ‘waktu kerja’ telah dimulai. Konsumsilah makanan tinggi protein dan serat sebagai menu sarapan.

Tidur atau beristirahat juga menjadi salah satu cara tubuh untuk mengembalikan tenaga, sehingga ia pun siap untuk menjalankan berbagai aktivitas. Waktu dan lama tidur yang konsisten sangat diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Di sisi lain, orang yang rajin berolahraga akan memiliki kondisi kesehatan (fisik dan mental) yang lebih baik dan cenderung hidup lebih lama.

Hal lain adalah konsumsi diet sehat dan seimbang. Diet sehat adalah mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana, mengganti lemak ‘jahat’ (lemak jenuh) dengan lemak ‘baik’ (lemak tidak jenuh tunggal), meningkatkan konsumsi serat, dan perbanyak konsumsi buah serta sayuran.

Perhatikan juga porsi makan Anda. Makan lebih sering dengan jumlah yang lebih sedikit akan lebih baik dibandingkan dengan jarang makan, tetapi makan dalam porsi besar setiap kalinya. Selain itu, konsumsi berbagai jenis camilan sehat seperti buah sebagai pengganti keripik kentang.

Minum juga setidaknya delapan gelas air putih setiap hari, untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan seperti dehidrasi, tekanan darah rendah, gangguan keseimbangan elektrolit, dan merasa sangat lelah.

Namun, batasi konsumsi minuman beralkohol. Beberapa penelitian menemukan, mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah sedang dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung setelah mengalami serangan jantung.

Terakhir, atasi stres. Duduk tenang di tempat yang sepi, tarik napas dalam-dalam atau melakukan olahraga rileksasi sederhana dapat membantu mengurangi rasa stres yang Anda alami. ** Baca juga: Akali Hormon Rasa Lapar Agar Berat Badan Tetap Ideal

Tiap manusia tetap memerlukan perbaikan atau istirahat untuk menjalankan fungsinya dengan baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru