oleh

Lakukan 6 Hobi yang Bantu Hilangkan Stres

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum, stres sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Aktivitas atau pekerjaan yang padat, pola makan buruk dan berbagai permasalahan lainnya merupakan sejumlah faktor yang dapat memicu stres.

Solusinya, Anda perlu mengalihkan pikiran dan perhatian pada sesuatu kegiatan yang menarik minat serta bermanfaat. Melansir beberapa sumber, ada enam hobi yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan stres. Apa sajakah itu?

1. Berkebun
Tekanan yang harus dihadapi sehari-hari sangat tidak berhubungan dengan alam. Nah, ketika Anda menanam pohon atau bunga, menghargai keindahan bunga dan buah yang tumbuh di pohon-pohon, maka pikiran akan menjadi lebih rileks secara alami.

2. Membaca
Membaca buku adalah solusi terbaik. Jika Anda memiliki koleksi buku bagus yang menarik perhatian, otomatis fokus perhatian akan tertuju pada isi cerita dari buku tersebut. Membaca buku yang bagus akan memperkaya diri dengan pengetahuan baru dan energi yang membuat Anda lebih segar.

3. Yoga
Yoga dapat melenturkan otot-otot tubuh, sehingga membuat Anda lebih lega. Saat Anda meregangkan tubuh, pikiran pun juga rileks. Hal inilah yang membuat Anda merasa tenang.

4. Memasak
Memasak makanan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres berlebihan. Dengan memasak memungkinkan pikiran Anda terpusat pada makanan yang sedang disiapkan, dan berkonsentrasi untuk membuat masakan lebih enak. Cara ini juga bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas.

5. Dengarkan Musik
Bila Musik dapat menenangkan pikiran yang bisa menghilangkan rasa khawatir. ** Baca juga: Hindari Memanaskan Kembali 4 Makanan Ini Agar Pencernaan Tak Terganggu

6. Menulis
Cara lain untuk menghilangkan stres adalah menulis, baik menulis buku harian atau cerita pendek. Tidak perlu diragukan lagi, dengan meletakkan pemikiran dan hal apa pun yang ada dalam pikiran untuk ditulis di atas kertas (atau di komputer), akan memberi jalan untuk memecahkan masalah hidup secara kreatif dan membiarkan imajinasi Anda semakin berkembang.

Cara mana yang akan Anda pilih untuk menghilangkan stres? (ilj/bbs)

Berita Terbaru