oleh

Lakukan 4 Hal Sederhana Saat Lapar di Tengah Malam

Kabar6-Lapar saat larut malam tentu menjadi hal yang menyebalkan, terutama bagi Anda yang sedang berusaha keras menurunkan berat badan. Tentu saja, kebiasaan makan atau mengemil di malam hari yang tidak terkendali bisa menyebabkan obesitas.

Di sisi lain, Anda sering sulit tidur karena terpaksa menahan lapar. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Lapar yang dialami setiap malam mungkin saja ada hubungannya dengan kebiasaan buruk yang tidak sadar Anda lakukan, atau kondisi badan memang sedang tidak sehat.

Solusinya, melansir Fimela, Anda dapat melakukan empat hal sederhana jika sering merasa lapar di malam hari. Pertama adalah mengidentifikasi rasa lapar itu sendiri. Hal ini penting dilakukan sebelum memutuskan untuk mengikuti rasa lapar dan memakan sesuatu.

Mengidentifikasi rasa lapar maksudnya adalah mengenali dan memperkirakan rasa lapar tadi datang dari mana. Rasa lapar memang hal yang normal, bisa jadi karena Anda sedang diet dan mengurangi porsi makanan, akhirnya merasa lapar. Namun, rasa lapar juga bisa muncul akibat sugesti.

Anda memiliki sugesti bahwa tidak lengkap jika tidak makan atau menganggap bahwa jika tidak makan, maka Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Jika kasusnya adalah sugesti, maka perlu mengalihkan perhatian kepada hal-hal yang membuat Anda mudah tertidur seperti membaca buku, berhitung, hingga mengatur napas.

Kedua, perbaiki pola makan agar menjadi lebih sehat. Memulai pola makan sehat bisa dengan cara menerapkan pola makan saat sarapan yang memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori harian dengan karbohidrat, protein, dan lemak.

Kemudian untuk siang dan malam hari bisa diselingi dengan mengonsumsi camilan sehat seperti buah untuk mencegah gula darah turun menjadi terlalu rendah. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dan rasa kenyang lebih lama seperti serat dan protein. Anda juga bisa menerapkan trik menunda jam makan selama dua jam sebelum tidur untuk mencegah rasa lapar saat malam hari.

Ketiga, menghindari makanan pemicu itu sendiri. Pada saat merasa lapar, kemungkinan besar itu karena Anda ingin mengonsumsi kembali makanan yang sudah dimakan sebelumnya. Bisa jadi karena pmakanan tersebut adalah penganann manis sehingga menggugah selera.

Jika begitu, Anda harus melatih diri untuk menjauhi makanan-makanan yang dapat memicu rasa ingin makan di malam hari menjelang waktu tidur. Jika terasa berat, Anda bisa mengganti penganan tersebut dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal atau yoghurt.

Selanjutnya keempat adalah memainkan sugesti dengan cara menyediakan makanan yang tidak disukai saat Anda merasa lapar. Memang kedengarannya aneh, namun hal ini dapat membantu Andau melatih agar tidak mudah lapar di malam hari.

Sebenarnya langkah ini memiliki opsi lain, bisa jadi Anda menyediakan makanan yang tidak disukai, namun bisa juga mengganti makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat. ** Baca juga: Deretan Makanan yang Sangat Tidak Disarankan untuk Dibekukan

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru