oleh

Ladies, Pastikan Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Tubuh Selalu Sehat

Kabar6-Ada banyak fase yang normalnya dilalui kaum wanita. Mulai dari haid, kehamilan, hingga menopause. Nah, dalam fase ini hormon dalam tubuh wanita tidak seimbang.

Tidak hanya itu, seiring bertambahnya usia, tubuh juga mengalami berbagai perubahan. Karena itulah, ssupan makanan jadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Melansir Aura, tujuh jenis makanan yang disarankan selalu ada dalam menu harian Anda. Apa sajakah itu?

1. Zat besi
Kekurangan darah selama masa haid rentan menyebabkan anemia. Atasi dengan konsumsi makanan kaya zat besi. Sayuran hijau dan biji-bijian utuh (whole grain) merupakan sumber zat besi.

2. Folic acid
Vitamin B9 atau folic acid cocok dikonsumsi terutama untuk wanita yang sedang berusaha hamil. Folic acid bisa mencegah masalah saraf dan mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa makanan yang kaya folic acid antara lain buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan sereal.

3. Kalsium
Kekurangan kalsium tidak hanya menyebabkan masalah pada tulang, tapi juga memicu sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini akan mengganggu siklus haid dan memengaruhi tingkat kesuburan. Selain susu, brokoli dan almond juga kaya akan kalsium.

4. Vitamin B
Konsumsi ikan, sereal dan kacang-kacangan secara rutin untuk mencegah masalah pada hormon, karena makanan tersebut kaya akan vitamin B.

5. Zinc
Makanan kaya zinc membantu menjaga sistem imun dan perkembangan sel dalam tubuh, antara lain seperti flax seed dan biji labu.

6. Yodium
Kandungan yodium pada stroberi akan menjaga berat badan dan tingkat kesuburan wanita. ** Baca juga: Peneliti Jepang: Virus Corona Dapat Bertahan di Kulit Hingga 9 Jam

7. Vitamin D
Agar kesehatan tulang semakin maksimal, jangan lupa mengonsumsi makanan kaya vitamin D, seperti kuning telur, jamur, dan keju.

Perhatikan kandungan nutrisi dalam makanan harian Anda, sehingga terhindar dari sejumlah masalah kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru