oleh

Ladies, Ketahui Sejumlah Bahaya Lembur Bagi Kesehatan

Kabar6-Sebagai wanita yang bekerja, Anda tentu sudah akrab dengan istilah lembur. Saat pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu, mau tidak mau Anda harus lembur, baik di kantor atau bahkan membawa pekerjaan ke rumah.

Hal yang harus diketahui, terlalu sering lembur ternyata berbahaya untuk kesehatan. Kebiasaan lembur, melansir Cosmopolitan, dapat meningkatkan risiko terserang stroke tiga kali lipat dibanding orang normal. Dalam penelitian yang dilakukan oleh The Lancet Medical Journal, para peneliti menemukan bahwa orang yang bekerja tiga jam lebih lama dari seharusnya, memiliki risiko 33 persen lebih besar untuk terserang stroke.

Menurut para peneliti, yang membuat lembur buruk bagi kesehatan bukan hanya karena Anda berlama-lama duduk di depan komputer. Namun mereka berpendapat bahwa orang yang sering lembur cenderung tidak memiliki waktu untuk olahraga teratur, makan sehat dan teratur, atau istirahat yang cukup. Dan kombinasi ketiganya sangat buruk bagi kesehatan.

Lantas, apa solusinya? Mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan jam kerja dengan baik, sehingga tidak perlu waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bisa juga dengan mengganti jadwal olahraga menjadi pagi hari. Jangan lupa diimbangi dengan makan sehat dan teratur, serta istirahat yang cukup. ** Baca juga: Sering Bikin Kulit ‘Lengket’, Ini 5 Manfaat Keringat

Batasi diri pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan saat Anda sudah berada di luar kantor.(ilj/bbs)

Berita Terbaru