oleh

Kurangi Minuman Soda Agar Awet Muda

Kabar6-Aneka jenis minuman saat ini banyak dijual di minimarket maupun toko-toko kecil. Salah satunya adalah minuman bersoda.

 

Rasanya yang menghentak, membuat minuman bersoda ini banyak digemari berbagai kalangan dan usia. Namun tahukah Anda jika jenis minuman ini mengandung zat yang dapat mempercepat penuaan dini?

 

Menurut sebuah penelitian, orang mengkonsumsi dua kaleng minuman bersoda setiap hari, mempunyai perubahan sel DNA 4,6 tahun lebih tua daripada umurnya.

 

Para ilmuwan telah menganalisis ribuan sampel DNA dari partisipan yang rutin mengkonsumsi minuman bersoda. Dari situ disimpulkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi minuman bersoda memiliki Telemore yang lebih pendek.

 

Telemore adalah struktur DNA yang melindungi dari terjadinya kerusakan DNA, dan seringkali digunakan untuk mengetahui kesehatan seseorang.

 

Semakin tua, maka telemore akan memendek. Hal inilah yang menyebabkan DNA rusak, sehingga meningkatkan kemungkinan terserang penyakit seperti alzheimer, penyakit jantung, dan diabetes.

 

Disebutkan, efek buruk minuman bersoda hampir sama dengan para perokok. ** Baca juga: Ini yang Terjadi Saat Tubuh Tidak Cukup Tidur

 

So, kurangi sedikit demi sedikit minuman soda, agar Anda tetap awet muda. (ilj)

Berita Terbaru