oleh

Kurangi Mata Minus dengan Konsumsi Wortel Hanya Mitos?

Kabar6-Banyak orang percaya, selain mengurangi mata minus, mengonsumsi wortel juga dapat menjaga kesehatan mata agar tetap normal dan terhindar dari penyakit mata. Benarkah wortel memang mengurangi minus pada mata, atau hanya sekadar mitos?

Kepercayaan ini ternyata berasal dari perang Inggris melawan Jerman. Dalam Perang Dunia II (PD II), Kementerian Udara Inggris menyebarkan berita bahwa mengonsumsi wortel membantu pilot melihat pembom Nazi menyerang di malam hari. Namun, kabar tersebut ternyata tidak benar.

Wortel memang sumber vitamin A yang baik dan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan, kesehatan kulit, pertumbuhan, dan melawan infeksi. Namun, melansir Dreamers, mengonsumsi wortel tidak akan memperbaiki kondisi penglihatan. Wortel sarat akan beta-karoten, diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang membantu fungsi dasar mata. Misalnya, Anda dari tempat terang lalu masuk ruangan yang gelap. Setelah beberapa menit, mata bisa menyesuaikan diri. Nah, itu karena vitamin A.

Disebutkan, vitamin A disimpan dalam organ hati, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan tubuh. Faktanya, vitamin A tidak bisa memperbaiki kerusakan penglihatan yang didapat dari lahir. Tubuh hanya bisa mengubah sejumlah beta-karoten dalam satu waktu.

Bahkan, jika Anda mengonsumsi wortel terlalu banyak, sisa beta-karoten yang tidak terkonversi akan disimpan di jaringan lemak di bawah kulit. Hal ini menyebabkan kulit dapat berubah menjadi berwarna oranye. ** Baca juga: Amankah Konsumsi Telur yang Masih Mentah?

Menurut The Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, kebutuhan vitamin A harian untuk pria usia 14 tahun ke atas sekira 900mcg setiap harinya. Sementara untuk wanita usia 14 tahun ke atas membutuhkan sekira 700mcg vitamin A setiap harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru