oleh

Kurangi Lemak di Perut Tidak Hanya dengan Makan Sehat & Olahraga

Kabar6-Harus diakui bahwa lemak di perut adalah yang paling susah dihilangkan. Padahal, lemak di bagian tersebut bisa meningkatkan risiko masalah serius seperti penyakit jantung dan diabetes.

Mengurangi lemak di perut tidak bisa hanya dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga saja. Anda juga disarankan melakukan sejumlah hal yang mungkin tidak pernah terlintas sebelumnya. Melansir beberapa sumber, berikut hal-hal yang dimaksud:

1. Cukup tidur
Kurang tidur adalah hal yang membuat lemak di perut bertambah karena dapat meningkatkan hormon kelaparan yang menyebabkan peningkatan ghrelin, yang merangsang nafsu makan, dan penurunan leptin, yang menandakan Anda kenyang.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa tidak cukup istirahat membuat orang lebih mungkin makan junk food dan lebih sulit untuk membangun massa otot. Jadi, usahakan tidur setidaknya selama tujuh hingga delapan jam setiap malam karena sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang melakukannya memiliki lemak tubuh yang lebih rendah.

2. Hindari stres
Sebuah penelitian oleh Psychosomatic Medicine mengungkapkan, wanita paling rentan terhadap efek stres pada kelebihan lemak di perut karena memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih tinggi sehingga cenderung makan lebih banyak saat stres, terutama makanan manis.

3. Hindari alkohol & soda
Alkohol mengandung sekira tujuh kalori per gram, tidak jauh dengan lemak yang setara dengan sembilan kalori per gram. Karena alkohol diserap dengan cepat, maka ketika dikonsumsi berlebihan akan merusak metabolisme makronutrien lain, seperti karbohidrat dan lemak, serta mempromosikan penyimpanan lemak, khususnya lemak di perut.

Sementara minuman soda, selain terkenal memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yang bisa menambah timbunan lemak di perut, juga membuat perut kembung yang akan membuat perut Anda terlihat besar. ** Baca juga: Kebiasaan Harian yang Jaga Kinerja & Kualitas Kesehatan Otak

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru