oleh

Kurangi Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Jantung Sehat

Kabar6-Jantung adalah bagian vital dalam tubuh yang bertugas untuk menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini punya ukuran yang sedikit lebih besar dari kepalan tangan Anda, yakni sekira 200-425 gram. Letak jantung berada di antara paru-paru, di tengah dada, tepatnya di bagian belakang kiri tulang dada.

Beberapa makanan yang tinggi lemak jenuh, natrium, dan kolesterol, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantun. Karena itulah, menjaga asupan makanan merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan jantung. Melansir 1health.id, ada sejumlah makanan yang sebaiknya mulai dikurangi agar jantung tetap sehat. Apa sajakah itu?

1. Sup instan
Beberapa sup instn mengandung natrium berlebih yang dapat merusak arteri Anda, dan menyebabkan serangan jantung. Mulailah membuat sup sendiri dengan bahan-bahan yang lebih alami, bersih dan sehat, yang aman untuk jantung Anda.

2. Ayam goreng
Makanan yang satu ini memang menyehatkan. Namun bila dimakan secara berlebihan dan terlalu sering, tentu tidak baik untuk kesehatan jantung. Ayam goreng dilengkapi dengan 63g lemak, 350mg kolesterol dan 920 kalori. Jika dikonsumsi secara berlebihan tentu saja dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

3. Sosis
Jenis makanan ini memang lezat dan mengundang selera. Namun harus diingat, sosis mengandung lemak jenuh dan sodium dalam jumlah tinggi. Diketahui, 100 gram sosis mengandung 301 kalori, yang dapat menyumbat arteri Anda.

4. Burger
Burger adalah makanan favorit semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Satu burger mengandung 29gram lemak, 540 kalori, dan 1.040mg natrium, yang berbahaya bagi jantung Anda jika dimakan dalam jumlah besar. Batasi asupan burger atau buatlah burger sendiri dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

5. Pizza
Pizza tinggi lemak jenuh dan natrium. Kulit pizza tinggi karbohidrat serta natrium, sementara saus pizza juga tinggi natrium. Dan ini cukup untuk ‘merusak’ jantung Anda dan meningkatkan kolesterol jika dimakan secara berlebihan. ** Baca juga: Agar Maksimal, Ketahui 8 Waktu Terbaik untuk Otak

Batasi porsi kelima makanan tadi alias tidak makan secara berlebihan, demi menjaga kesehatan jantung.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru