oleh

Kurang Minum Sebabkan Batu Saluran Kemih

kabar6-Batu saluran kemih bisa terdapat di ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Bila batu terletak pada ginjal dan ureter, keluhan yang dijumpai berupa pegal-pegal ataupun nyeri di daerah pinggang. Nyeri dapat menjalar ke perut, ke lipat paha dan daerah kemaluan.

Keluhan ini dapat disertai air seni yang kemerahan, keruh ataupun keluar serpihan pasir atau batu. Bila batu terletak pada kandung kemih, keluhan berupa nyeri di akhir berkemih ataupun kencing yang tiba-tiba berhenti. Batu uretra dapat menimbulkan nyeri sepanjang berkemih ataupun kesulitan berkemih.

Penyebab batu di saluran kemih, dr. Dimas Nugroho, Sp.U dari Klinik Urologi Bethsaida Hospital, menjelaskan, batu di saluran kemih terbentuk oleh berbagai faktor, antara lain karena faktor kurang minum dan konsentrasi zat pembentuk batu dalam air seni yang tinggi sehingga memudahkan terjadinya endapan dan pembentukan batu.

Adapun faktor lain yang dapat memudahkan terbentuknya batu diantaranya, riwayat batu saluran kemih atau infeksi saluran kemih sebelumnya, riwayat keluarga yang menderita batu saluran kemih, penyakit asam urat, konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, kalsium dan oksalat serta adanya sumbatan saluran kemih.

Untuk mengetahui adanya batu saluran kemih, lanjut Dimas, selain memperoleh informasi dari keluhan yang didapat, saat melakukan pemeriksaan, pihak dokter akan melakukan pemeriksaan fisik berupa pemeriksaan di sekitar pinggang, perut, dan bila perlu alat kelamin.

“Pemeriksaan penunjang yang diperlukan adalah pemeriksaan darah dan urin, ultrasonografi (USG) ginjal dan kandung kemih, dan pemeriksaan imaging seperti KUB-IVP (foto polos perut dan pielografi intravena) atau CT urografi,” kata Dimas kepada www.kabar6.com.

Untuk pencegahannya, Dimas menambahkan, batu saluran kemih dapat dicegah dengan banyak minum air putih minimal 2 liter per hari. Dengan demikian air seni yang dihasilkan berada dalam kadar undersaturated sehingga semua kadar zat pembentuk batu dapat larut dan dikeluarkan melalui urin. **Baca juga: Sehat Tanpa Bantal.

“Selain itu juga menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung purin , kalsium dan oksalat. Adapun mengkonsumsi sitrat yang banyak terkandung dalam air jeruk nipis terbukti juga dapat mencegah terbentuknya batu saluran kemih. Dan yang terakhir aktivitas olahraga yang teratur juga mendukung mencegah terbentuknya batu saluran kemih,” tutupnya.(fitrah)

Berita Terbaru