oleh

Kurang Bersih Cuci Talenan Bisa Jadi Sumber Bakteri

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Untuk memotong aneka sayuran atau daging mentah, biasanya Anda menggunakan talenan. Pada talenan, dilansir mirror.co.uk, ditemukan bakteri cacing 200 persen lebih banyak daripada bakteri rata-rata di toilet.

Hal ini dipicu karena sebagian besar dari kita mencuci talenan dengan cara yang sama, menggunakan air panas, sabun, atau cairan lainnya. Padahal, cara ini adalah kesalahan besar.

Mencuci menggunakan sabun cair atau cairan pembersih lainnya, dikutip Intisari, memang baik untuk semua peralatan dapur. Namun hal ini tidak berlaku untuk talenan.

Sabun cair, dikatakan Sarah dari Expert Home Tips, tidak bisa menembus permukaan talenan dan membersihkannya dengan baik. Jadi tidak heran jika bakteri berbahaya masih bisa menempel di sana dan membuat kita sakit.

Sebagai gantinya, Anda disarankan menggunakan cara yang jauh lebih baik, yaitu merendam talenan dengan pemutih setelah setiap penggunaan. “Ini memastikan steril dengan benar dan mencegah adanya risiko transfer bakteri,” terang Sarah. ** Baca juga: Ada Fakta Mengejutkan Seputar Kesehatan Pria

Hal sama berlaku pada benda-benda lain seperti selimut. Jangan biarkan selimut jatuh ke lantai. Jika terjatuh, rendam kain dengan pemutih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru