oleh

Kuota Uji WGS di Banten Cuma 100 Sampel Per Hari

Kabar6-Angka kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah mencapai 1500 per hari. Meski demikian dinas kesehatan setempat menyangkal bahwa kasusnya didominasi oleh varian Delta.

“Taunya delta darimana. Untuk varian harus periksa WGS (Whole Genome Sequencing),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar kepada kabar6.com, Jum’at (11/2/2022).

Ia jelaskan, tidak semua kasus konfirmasi dapat diperiksa WGS. Di Indonesia kapasitas pemeriksaan WGS terbatas hanya 2700 per bulan.

Allin sebutkan, dengan rincian 1.350 sampel rumah sakit, 300 sampel dari daerah dengan peningkatan kasus, 600 sampel dari provinsi dan 450 sampel pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dibagi proporsional untuk setiap pintu masuk.

“Dan untuk provinsi Banten mendapat alokasi pemeriksaan WGS 100 sampel dan 43 sampel untuk alokasi rumah sakit. Di provinsi Banten laboratorium pemeriksa WGS di FK UIN Syarif Hidayatullah,” jelasnya.

**Baca juga: Soal Kasus Ganjal ATM di Pamulang, Polisi: Masih Proses

**Cek Youtube: Pedes! Bahas Rencana Pemekaran Tangerang Utara

Allin terangkan, strategi penanganan varian Omicron sama dengan yang lainnya. Yaitu perkuat 3T (Testing, Tracing dan treatment) serta percepatan vaksinasi Covid-19 dosis 1, 2 dan booster.

Pencegahan terbaik dengan mengurangi mobilitas yang tidak mendesak, jaga jarak, membuka jendela, menerapkan etika batuk, cuci tangan, Hindari kerumunan, ruang tertutup dengan ventilasi buruk, menggunakan masker dengan benar.(yud)