oleh

Kuota PTSL di Tangsel 500 Bidang Lahan, 100 sudah Terbit Sertifikat

Kabar6-Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional tahun ini giliran mefasilitasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kuota fasilitasi sebanyak ratusan bidang lahan milik warga sekitar.

“Tahun ini sudah berjalan 500 di Kecamatan Serpong,” kata Kepala BPN Kota Tangsel, Horison Mocodompis, Sabtu (9/7/2022).

Menurutnya, PTSL merupakan program pemerintah pusat yang harus disukseskan. Mekanisme itu memberikan ruang lebih cepat daripada mengurus sertifikat tanah yang rutin.

Horison sebutkan, contohnya di proses pengumuman itu dalam kontrol kualitas tidak ada kompromi. “Saya tidak mau pemberkasan abal-abal, dokumen yang menimbulkan masalah di kemudian hari,” tegasnya.

Ia bilang, dari kuota PTSL sebanyak 500 sekitar 100 bidang lahan sudah terbit sertifikat. Sisanya masih dalam proses pemberkasan serta menunggu pengumuman.

**Baca juga: 19 Kelurahan di Tangsel Prioritas Cegah dan Tekan Kasus Stunting

“Nanti kita lihat kalau 500 habis di Serpong tapi kalau tidak saya pindah ke kecamatan yang lain,” jelas Horison.

Kedepannya, BPN Kota Tangsel ingin bisa lebih melayani masyarakat akan diarahkan permohonan-permohonan yang sifatnya pendaftaran pertama kali rutin itu lewat jalur PTSL saja.(yud)