oleh

Kuota Haji Ditambah, Calon Haji Dari Banten Bertambah 325 Orang

Kabar6-Kuota calon haji (calhaj) yang berangkat pada tahun ini dari Provinsi.Banten bertambah 325 orang dari kuota sebelumnya berjumlah 9.420 orang.

“Tambahannya satu kloter (kelompok terbang) sejumlah 325,” kata Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kantor wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten Deni Rusli kepada wartawan, Minggu (5/5/2019).

Deni Rusli mengungkapkan, penambahan calhaj tersebut merupakan tindak lanjut kesepakatan kerja sama antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Raja Arab Saudi yakni Raja Salman bin Abdilaziz pada 14 April 2019 lalu. Saat itu, Raja Salman menyetujui adanya penambahan kuota haji untuk Indonesia sebanyak 10.000 orang.

Terkait dengan penambahan kuota tersebut, Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Banten itu mengatakan sudah menetapkan nama-nama yang berhak mengisinya.

Mereka yang telah ditetapkan dipersilahkan untuk melakukan pelunasan biaya penyelanggaraan ibadah haji (BPIH) tahap dua yang dibuka pada 15 April hingga 5 Mei.

**Baca juga: Wahidin Halim: Sebagai Gubernur Saya Punya Kewajiban Menjaga Adat dan Budaya Masyarakat Baduy.

“Pelunasannya pada tahap dua ini. Dengan penambahan itu jumlah haji yang berangkat menjadi 9.745 dari asalnya 9.420 orang. Nama-nama (yang berangkat) sesuai dan bisa dilihat di siskohat (sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu),” katanya. (Den)