oleh

Kunjungi Rutan Rangkasbitung, Ini yang Akan Didorong Komisi III DPR ke Kemenkumham

Kabar6-Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Golkar Adde Rossi Chaerunnisa berkunjung ke Rutan Klas IIB Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Jum’at (27/12/2019).

Tiba di rutan, istri Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy itu disambut langsung Kepala Rutan Rangkasbitung Aliandara Harahap.

“Kita semua tahu seluruh lapas over kapasitas termasuk di sini, sekaligus kita membuktikan fakta di lapangan seperti apa,” katanya.

Beberapa catatan kata Adde Rossi akan diteruskan dan akan didorong oleh Komisi III ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Terkait relokasi lapas, prasarana armada penunjang pembinaan, termasuk juga kami dorong pemerintah untuk menyediakan jaminan kesehatan bagi seluruh WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan),” ungkap Adde.

Ia mengapresiasi jajaran Rutan Rangkasbitung dengan progam pembinaan yang berdampak positif terhadap minimnya pelanggaran handphone dan narkoba.

“Saya terkesan program humanity dalam menjalakan tugasnya dengan menyisihkan infak untuk memberikan layanan kesehatan dan pembinaan keagamaan. Ini harus diapresiasi sehingga dapat menghilangkan kesan negatif pada lapas selama ini,” paparnya.

Sementara itu, Aliandra menyampaikan sejumlah program terkait revitalisasi pemasyarakatan. Kata dia, Rutan Rangkasbitung sudah berganti nomenklatur menjadi Lapas Kelas III.

“Kami punya program unggulan untuk mengintegrasikan WBP melalui pondok asimilasi,” ujar Aliandra.**Baca juga: 14 Rumah Warga Leuwidahu Lebak yang Ludes Terbakar Segera Dibangun.

Ssuai harapan revitalisasi pemasyarakatan, nantinya kata Aliandra, semua narapidana akan dibina dan diberikan keterampilan. Mulai dari bercocok tanam, budidaya, keterampilan lain, dan langsung berbaur dengan masyarakat.

“Oleh karena itu perlu dukungan terutama armada yang memadai dan kondisi bangunan yang semestinya bisa direlokasi,” tuturnya.(Nda)

Berita Terbaru