oleh

Kulit Sehat Indikator Kesehatan Tubuh

ilustrasiKabar6-Memiliki kulit mulus tentu saja menjadi idaman setiap perempuan. Namun sekadar mulus saja tanpa memperhatikan faktor kesehatan kulit tidaklah dibenarkan.

 

 

Sebagian orang menganggap remeh kesehatan kulit, padahal kulit merupakan indikator kesehatan organ tubuh manusia secara keseluruhan. Sistem metabolisme tubuh manusia mudah sekali direspon perubahannya oleh kulit. Bahkan faktor emosi seperti kesal serta kecemasan berlebih juga berdampak pada kesehatan kulit.

Salah satu yang harus dijaga adalah kulit wajah. Nah, berikut ciri-ciri kulit wajah yang sehat:

1. Kulit lebih berwarna, artinya kulit wajah cenderung berwarna dan tidak pucat.

2. Kulit bebas noda, yaitu tidak memiliki noda bekas jerawat dan bahkan bintik-bintik jerawat batu.

3. Kulit wajah berseri-seri, bukan hanya terkait dengan karakter seseorang, tetapi juga berkaitan dengan kesehatan kulit.

4. Permukaan kulit lembut, dapat dilihat secara kasat mata. Permukaan kulit yang lembut, halus, dan mulus menandakan kulit tersebut lebih sehat.

5. Kulit wajah lembab, Lembab bukan berarti berminyak. Kulit wajah lembab tampak segar, tidak kering juga tidak kusam karena penuh dengan minyak.

6. Kulit kenyal. Kulit yang bermasalah ketika dipegang tidak langsung kembali atau membekas. Sedangkan kulit wajah sehat lebih kenyal dan lentur.

7. Kulit tanpa keluhan sakit, artinya terbebas dari berbagai masalah penyakit kulit seperti komedo, panu, kudis kurap atau bahkan jerawat meradang.

 

Menjaga kesehatan kulit pada dasarnya bukan pekerjaan yang rumit. Rutinlah mengkonsumsi makanan yang kaya anti-oksidan, minum air putih yang cukup, dan bergaya hidup sehat, akan membantu terbentuknya kecantikan dan kesehatan kulit wajah Anda.(ilj)

**Baca juga: Terapi Batu Saluran Kemih.

Berita Terbaru