oleh

Kue Pertama di Luar Angkasa Dibuat Astronaut Italia

Kabar6-Astronaut Italia membuat kue saat sedang bertugas di sebuah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Proses pembuatan kue pertama di luar angkasa itu memakan waktu jauh lebih lama ketimbang membuatnya di Bumi.

Komandan Italia stasiun ruang angkasa yang bernama Luca Parmitano, melansir Stuff, bertindak sebagai si pembuat kue dibantu oleh astronaut NASA Christina Koch untuk percobaan membuat kue cokelat. Proses pembuatan kue memakan waktu sekira 15-20 menit untuk dipanggang di Bumi, tetapi para astronaut mengungkapkan upaya mereka yang paling sukses membutuhkan setidaknya dua jam memanggang kue dalam oven di luar angkasa.

Kue pertama dan kedua berada di oven selama 25 menit dan 75 menit, tetapi masih kurang matang. Hasil terbaik adalah setelah mereka meletakkan kue selama 120 dan 130 menit dalam oven.

“Kami membuat kue ruang angkasa dan susu untuk Santa tahun ini,” cuit Koch melalui Twitter. ** Baca juga: Kasihan, Sepasang Pengantin Gagal Menikah Karena Calon Mertua Kawin Lari

Prototipe oven yang dapat digunakan dalam gaya berat mikro dirancang dan dibuat oleh Nanoracks dan Zero G Kitchen. Sementara rantai hotel Double Tree by Hilton memasok adonan kue mentah.

“Kami memiliki umpan balik visual dan aroma awal dari kru di atas ISS, kami senang sepenuhnya memahami hasil memanggang, termasuk memecahkan persoalan waktu dan suhu panggang di ruang bervariasi dari apa yang biasa kita lihat di Bumi,” jelas Mary Murphy, seorang manajer payload Nanoracks.

Tiga dari kue itu dikembalikan ke Bumi di pesawat ruang angkasa Dragon SpaceX pada 7 Januari, dan akan menjalani pengujian oleh para ilmuwan makanan untuk menentukan apakah mereka dapat dimakan.

“Saat ini astronot ISS benar-benar memiliki kemampuan (walau terbatas) dalam menyiapkan makanan dengan cara yang dilakukan manusia di bumi,” kata Ian Fichtenbaum, pendiri Zero G Kitchen dalam video yang diunggah oleh Hilton.(ilj/bbs)

Berita Terbaru