oleh

Kuburan Massal Suku Chim di Peru Berisi 25 Tulang Belulang Manusia

Kabar6-Sisa tulang belulang dari 25 manusia ditemukan di Kota Kuno Chan Chan, Peru, oleh tim arkeolog. Chan Chan yang merupakan tempat kuburan massal ditemukan, adalah benteng lumpur terbesar di Amerika pra-Columbus.

Kerangka itu ditemukan dalam ruang kecil berukuran 10 meter persegi di tempat yang dulunya adalah ibu kota kekaisaran Chim. Melansir Yahoo, suku Chim menguasai sebagian Peru saat ini, dan kerajaan mereka mencapai puncaknya pada abad ke-15 sebelum dikalahkan oleh suku Inca. Menurut para ahli, kuburan massal itu mungkin merupakan tempat pemakaman anggota elite Chim dikuburkan.

Arkeolog Sinthya Cueva mengungkapkan, sebagian besar jenazah adalah milik wanita muda. “Tidak satu pun dari mereka yang berusia di atas 30 tahun,” kata Cueva.

Ditambahkan Cueva, Chim menangani dan memindahkan sisa-sisa orang yang mereka cintai. Jenazah dibungkus dalam posisi duduk pada beberapa lapis kain, yang pertama dari kapas dan yang kedua dari bahan nabati.

Meskipun diketahui bahwa Chim melakukan pengorbanan manusia, termasuk anak-anak, arkeolog Jorge Meneses Bartra mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa mereka yang berada di kuburan yang baru ditemukan meninggal dengan cara itu.

Para ilmuwan akan melakukan tes untuk mencoba menentukan penyebab kematian mereka. Meneses menerangkan, posisi salah satu kerangka menunjukkan bahwa itu telah dikubur di sana tak lama setelah kematian orang tersebut, sementara tulang lainnya tampak diputihkan oleh unsur-unsur dan campur aduk, menunjukkan bahwa mereka telah dipindahkan ke situs kuburan nanti.

Media lokal juga melaporkan, hampir 50 potong keramik ditemukan di kuburan itu.(ilj/bbs)