oleh

Kronologis Pasien Asal Labuan Terpapar Corona di Tangerang

Kabar6- Warga Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang dinyatakan positif covid-1 setelah kerap melakukan perjalanan ke daerah zona merah yakni ke daerah Tangerang. Pasien dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) itu diketahui berjenis kelamin laki-laki berusia 45 tahun menjadi pasien ke dalam yang terkonfirmasi positif di Pandeglang.

Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang Ahmad Sulaeman menjelaskan kronologis pasien tersebut terkonfirmasi positif Corona. Awalnya pasien itu diketahui sempat dilakukan Rapid test di Tangerang dan hasilnya reaktif.

“Dari informasi yang dilaporkan Tim gugus tugas kecamatan sering melakukan perjalanan ke daerah Jabodetabek, dalam rangka pekerjaannya. Pasien Sempat dilakukan Rapid test di daerah Tangerang,” kata Sulaeman, Sabtu (13/6/2020).

Kemudian tenaga medis yang sempat melakukan Rapid test berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Labuan jika ada warga Pandeglang yang dinyatakan positif berdasarkan hasil Rapid Test untuk dilakukan pemantauan.

“Warga kita yang terkonfirmasi positif ini adalah orang tanpa gejala. Lalu pihak tim yang ada di Tangerang ini berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Labuan. Bahwa ada warganya yang telah dilakukan Rapid test yang dinyatakan reaktif untuk dilakukan pemantauan karena yang bersangkutan telah kembali ke Labuan,”ujarnya.

Setelah mendapatkan informasi, pihak Puskesmas Labuan segera melakukan pendataan dan melakukan pemeriksaan swab. Setelah beberapa minggu kemudian hasil swab VCR yang menunjukkan pasien tersebut positif.

“Selanjutnya pihak Puskesmas labuan mendapatkan informasi bahwa warganya telah kembali ke daerah Tangerang. Pihak Puskesmas melakukan kunjungan untuk melakukan pendataan, keesokan harinya warga tersebut dilakukan pemeriksaan sweb. Dan beberapa minggu kemudian hasil swab nya keluar dan dinyatakan positif,”ujarnya.

Selanjutnya, pihak Puskesmas melakukan tracking terhadap keluarga dan orang yang seperti kontak dengan pasien.

**Baca juga: Pandemi Covid-19, Dindikbud Pandeglang Siapkan Skema KBM Giliran.

Selanjutnya tim Gugus melakukan tracking terhadap keluarga dan orang yang sempat kontak dengan teman-teman untuk dilakukan Rapid test.

“Pihak Puskesmas melakukan rapid tes terhadap keluarga dan warga sekitar dan hasilnya negatif. Pihak Puskesmas melakukan tindakan karantina mandiri terhadap orang yang terkonfirmasi positif,” katanya.(Aep)

Berita Terbaru