oleh

Kriteria Ideal Tim Pansel Sekda Tangsel Versi Akademisi

Kabar6-Penentuan formasi tim Panitia Seleksi Sekretaris Daerah (Pansel Sekda) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mendapat pandangan beragam dari berbagai pihak.

Idealnya, kelima panelis itu harus memiliki karakter independensi dan kecakapan tentang dunia birokrasi pemerintahan. Hal itu dianggap kunci paling mendasar yang sangat penting.

Pengamat kebijakan publik asal Universita Islan Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Djaka Badranaya, mengatakan tak ada masalah lantaran bisa saja dari unsur manapun.

Namun, Djaka mengklaim bila pada dasarnya mereka harus mengetahui akan tugas pokok dan fungsi selama mengemban tugas.

“Sejatinya pansel untuk jabatan publik strategis harus memiliki kompetensi baik berbasis teori-akademik maupun praktis,” katanya dihubungi wartawan, Minggu (4/4/2015).

Ada satu dari kelima nama yang muncul dan dianggap mengejutkan adalah digandengnya sosok Ketua Forum Coorporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar di Kota Tangsel (Tangsel), Ali Samson Pane.

Hal yang paling penting, terang Djaka, tentang pemahaman unsur birokrasi. Hal ini sangat penting dan harus ditekankan agar jangan sampai ada Tim Pansel Sekda yang tidak memahami langkah apa saja yang mesti dilakukannya.

Djaka menguraikan, setidaknya ada dua hal penting yang harus dikuasai Tim Pansel Sekda. Yakni, memahami latar belakang pemerintahan, atau kebijakan strategis publik. **Baca juga: Pengcab PBSI Nilai Walikota Tangerang Kurang Peduli.

Kedua, tambahnya, mampu melakukan pemetaan perihal kawasan di Kota Tangsel yang melingkupi berbagai macam aspek. Ini untuk memperkuat wawasan soal kawasan di Tangsel yang ada saat ini.

“Penguji harus memahami kemampuan dari para calon dilihat dari berbagai macam aspek untuk mendapatkan calon yang sesuai. Bahkan calon sekda harus melalui assessment (ujian dan penilaian) psikologi, kompetensi teknis,” tambah dosen berpostur tubuh subur itu.

Seperti diketahui, kelima nama Tim Pansel Sekda Tangsel ini bertugas menjaring para birokrat handal serta laik. Mereka harus bisa menunjuk calon terbaik pengganti posisi Dudung E Diredja, Sekda Tangsel yang sudah banyak mengundang kontroversi dan akan pensiun pada Juli 2015 besok.(yud)

Berita Terbaru