oleh

Krisis Ekonomi, Pemuda Zimbabwe yang Tak Mampu Beli Alkohol Pilih Minum Rebusan Popok Bayi

Kabar6-Krisis ekonomi yang masih membelit Zimbabwe membuat banyak warganya harus putar otak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di sisi lain, hal ini memunculkan cara tak biasa yang dilakukan kaum muda untuk mabuk.

Lantaran tak memiliki uang untuk membeli minuman keras, melansir Telegraph, sejumlah pemuda meminum air rebusan popok bayi sekali pakai atau diapers, yang dikenal sebagai ‘jus pampers’. Cara tidak lazim untuk mabuk merupakan hal biasa di pinggiran kota padat penduduk di Zimbabwe. Ya, di daerah tersebut banyak pemuda pengangguran yang tidak mampu membeli alkohol legal.

“Bir terlalu mahal, saya tidak mampu membelinya. Met kristal lebih murah dan membuat saya sangat mabuk selama berjam-jam dibandingkan bir,” kata seorang pria berusia 25 tahun yang yak disebutkan namanya. “Kami tahu konsekuensi kesehatannya, tetapi tidak ada yang bisa kami lakukan. Apa yang bisa kita lakukan? Tidak ada apa-apa. Ini adalah Zimbabwe, segalanya sulit. Tidak ada pekerjaan.”

Di daerah dengan kepadatan penduduk serta tingkat kemiskinan tinggi, adalah umum untuk melihat orang mabuk atau terbius, tidur di trotoar atau terjebak di pinggir jalan setelah menyalahgunakan narkoba seperti sabu. ** Baca juga: Masih Usia 25 Tahun, Penampilan Pemuda Tiongkok Ini Terlihat Seperti Pria Tua

Diketahui, inflasi melonjak hingga 192 persen pada Juni di Zimbabwe. Selain mabuk, rakyat Zimbabwe juga tak mampu membeli pakaian baru. Orang-orang membeli pakaian bekas yang dikirim dalam bal dari Inggris.

Inflasi telah mencapai 191,6 persen pada Juni di negara itu, dengan angka pengangguran tinggi, mata uang melemah dan kurangnya investasi. Selain kebijakan ekonomi yang salah dan korupsi pemerintah Zimbabwe atas masalah keuangan, invasi Rusia ke Ukraina memperumit masalah.(ilj/bbs)