oleh

Kreatif, Seorang Mahasiswi Membuat Masker Khusus untuk Tunarungu

Kabar6-Apa yang dilakukan seorang mahasiswi bernama Ashley Lawrence (21) ini adalah salah satu bukti bahwa masih banyak orang baik yang peduli terhadap sesama di tengah pandemi COVID-19.

Lawrence, melansir Boredpanda, membuat masker agar kita bisa saling berkomunikasi dengan tunarungu. Ide untuk membuatkan masker unik tersebut terinspirasi ketika ia melihat banyaknya orang membuat masker sendiri. Lalu Lawrence menyadari, belum ada yang mendesain masker untuk komunitas tunarungu dan kesulitan mendengar. Akhirnya, ia pun memutuskan untuk membuatkannya sendiri.

“Jadi sebelum pandemi, masker dibuat dan dikomersilkan untuk membantu orang yang kehilangan pendengaran punya akses untuk membaca mulut dokter mereka. Karena kekurangan masker, semua orang membuat masker sendiri jadi aku pikir, mengapa aku tidak membuatnya untuk mereka? Inilah bagaimana ita tetap #HealthyatHome,” demikian tulis Lawrence dalam laman Facebook.

Lawrence sendiri adalah mahasiswi jurusan pendidikan untuk tunarungu di Eastern Kentucky University. Tidak heran, ia cukup mengerti kebutuhan mereka yang kurang bisa mendengar dengan baik, bahkan tidak mendengar sama sekali.

Desain masker dibuat sehingga orang lain masih bisa melihat bagian mulut si pemakai. Ya, masker dibuat transparan di bagian tengahnya. Selain bisa membaca gerakan bibir, layar transparan juga akan memperlihatkan ekspresi seseorang yang juga penting dalam bahasa isyarat.

Desain masker untuk tunarungu tersebut sontak mendapat respon positif dari komunitas tuli dan kesehatan. Lawrence mengaku aka nmenyempurnakan masker buatannya agar lebih mudah dipakai. Ia bisa membuatkan masker atau memberikan polanya. ** Baca juga: Di Spanyol, Pasutri dan 11 Anak Mereka Positif COVID-19

Sungguh kreatif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru