oleh

KPU Turun ke Masyarakat Berikan Pendidikan Politik

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya Kota Tangerang meresmikan Kampung Demokrasi di Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten. Hadirnya Kampung Demokrasi tersebut salah satu upaya mencerdaskan pemilih tentang pendidikan politik dan demokrasi.

“Kami berharap dengan adanya kampung demokrasi ini, masyarakat bisa menerima informasi dan pendidikan soal pendidikan politik termasuk tahapan pemilu ataupun Pilkada, sehingga pemilih di Kota Tangerang ini menjadi pemilih yang berkualitas dan pemilih yang paham tentang esensi demokrasi itu sendiri,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra, Sabtu (26/6/2022) kemarin.

Lurah Larangan Utara, Iwan Bambang Subekti mendukung penuh diresmikan salah satu wilayahnya menjadi kampung demokrasi. Terlebih, kata Iwan, nanti ada petugas dari KPU yang memberikan langsung penjelasan tentang tahapan kepemiluan yang dalam hal ini pemilu serentak 2024 nanti.

“Kami sangat antusias serta mendukung penuh, karena dengan diresmikannya atau diluncurkannya salah satu kampung di wilayah kami menjadi kampung demokrasi, membuat masyarakat kami menjadi paham dan melek tentang pengetahuan seputar demokrasi dan kepemiluan,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul turut menyoroti peran dan fungsi dari partai politik di Kota Tangerang salah satunya pendidikan politik ke masyarakat. Ia mengatakan pendidikan politik ke masyarakat dari partai politik belum maksimal. Namun hanya beberapa partai politik saja dinilai kuat memberikan pendidikan politik ke masyarakat.

**Baca juga: BRI Salurkan Bantuan Ambulans ke Yayasan RCBADAK di Tangerang

“Pendidikan politik di lingkup Kota Tangerang saya kira masih belum maskimal yang dilakukan oleh partai politik,” ujar Adib.

“Saya kira hanya beberapa yang punya militansi kuat seperti PDI-P yang saya lihat ini lebih maju ketimbang partai lain, karena basis elektoral pemilihnya militansi kuat, grassroots kuat sampai ke atas. Kalau kita bicara partai diluar itu ada PKS juga, saya kira yang lainnya masih kurang maksimal,” sambungnya. (Oke)