oleh

KPU Tangsel Mulai Gelar Verivikasi 16 Parpol

Kabar6—Seperti halnya di Kabupaten Tangerang, verifikasi 16 partai politik peserta pemilu yang lolos uji administratif, juga dilakukan oleh KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (1/11/2012).

“Hari ini kita mulai melakukan pendataan verifikasi faktual kepada 16 parpol yang ada di Kota Tangsel. Untuk mempercepat verfikasi, kita bentuk dua tim,” ujar Ketua Pokja Verifikasi Parpol KPU Kota Tangsel, Muhamad Subhan.

Adpun verifikasi faktual yang dilakukan, kata Subhan, adalah mendata kantor sekretariat, domisili kantor sekretariat, pengurus partai yakni Ketua, Bendahara dan Sekretaris serta 30 persen keterwakilan perempuan.

“Setelah partai yang menyerahkan berkas ke KPU pada pertengahan bulan lalu dinyatakan lolos, kami langsung menjadwalkan untuk verifikasi faktualnya. Tahap awal, delapan Parpol yang akan diverfikasi,” katanya.

Menurutnya hingga saat ini pihaknya belum menemukan kendala. Data Parpol yang diserahkan ke KPU sebelumnya  disesuaikan dengan fakta yang ada di lapangan. 
“Sampai saat ini kami belum menemukan kejanggalan pendataan. Data dari Parpol dengan hasil verfikasi KPU sama,” ucapnya.

Disinggung pengurus ganda atau KTA ganda pada Parpol pihaknya belum menemukan hal tersebut. Lantaran belum semua parpol yang diverifikasi.

“Verfikasi faktual kami lakukan dalam dua hari kedepan. Kalaupun ditemukan pengurus ganda, ada masa perbaikannya,” ujarnya.

Dari hasil verifikasi di DPC Demokrat Kota Tangsel, sambung Subhan, hasil data yang diterima KPU sama dengan fakta dilapangan.

Mulai dari kantor kesekretariatan, kepengurusan hingga 30 persen keterwakilan perempuan. “Saat memverifikasi data parpol kita juga didampingi dua orang Mitra Pengawas Pemilu (MPP) dari Bawaslu,” terangnya.

Ketua DPC Demokrat Kota Tangsel A.H Yansen Tambunan menyakini jika partainya bakal lolos verifkasi faktual. Lantaran, usai pendataan KPU kota Tangsel tidak memberikan komentar maupun mempertanyakan laporan pendataan partai.

“Saya optimis Demokrat akan lolos verfikasi. Karena, Partai Demokrat sudah menyerahkan semua persyaratan yang di butuhkan sesuai permintaan dan perundang-undangan yang berlaku,” katanya didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Kota Tangsel, Sulaiman Haikal.

Saat ditanya keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen  dipartainya, Yansen mengatakan sudah memenuhi persyaratan.(iqmar)

Berita Terbaru