oleh

KPU Lebak Mutakhirkan Data Pemilih Berkelanjutan, Warga Diminta Aktif Lapor

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB) untuk memperbaharui data pemilih dan mempermudah proses pemutakhiran data serta penyusunan daftar pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) selanjutnya.

“Proses pemutakhirannya berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang menginput dan diolah oleh KPU,” kata Ketua KPU Kabupaten Lebak, Ni’matullah, Kamis (10/6/2021).

Dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, akan diketahui perkembangan jumlah pemilih yang bisa berubah-rubah karena meninggal dunia maupun pindah domisili keluar daerah.

“Tentu saja jumlah data pemilih dalam proses pemutakhiran akan berubah setiap bulannya. Hal tersebut dikarenakan terdapat pemilih yang meninggal dunia, pemilih pindah tempat tinggal dan warga yang usianya sudah menjadi pemilih,” terangnya.

Di samping itu, masyarakat diminta berperan aktif melapor DPB. Masyarakat bisa melapor melalui nomor WhatsApp 0813 1870 2062 atau link cutt.ly/DPB2020 maupun datang langsung ke Kantor KPU Lebak, di Jalan Abdi Negara Nomor 8, Rangkasbitung.

“Tujuan (Pemuktahiran dan berkelanjutan) menjadi acuan basis data pada pemilihan berikutnya. Bagi masyarakat yang domisili pindah atau baru datang, yang meninggal dunia untuk dilaporkan ke KPU,” kata Komisioner KPU Lebak Bidang Data dan Informasi (Datim), Encep Saepudin menambahkan.

**Baca juga: Dana Program Indonesia Pintar Rp450 Ribu Tak Diterima Utuh Siswa di Lebak

Hasil pemutakhiran data yang sudah di rekap KPU dari bulan April dan Mei mengalami peningkatan cukup baik. Diharapkan bisa terus membaik sehingga KPU bisa memiliki data yang pasti.

“Hasil pemuktahiran data berkelanjutan bulan Mei yang direkap bulan April sebanyak 995.157 jiwa, dengan pemilih baru sebanyak 962 jiwa, sementara tidak memenuhi syarat (TMS) 656 jiwa dan di DPB bulan Mei 995 463 jiwa. Hasil perbandingannya meningkat 306 pemilih,” kata Encep.(Nda)

Berita Terbaru