oleh

KPU Kota Tangerang Didemo Warga

Kabar6-Puluhan warga yang mengatasanamakan Aliansi Masyarakat Tangerang Raya Menggugat (Almastram), menggelar aksi demo di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang di Jalan Nyimas Melati, Rabu (26/3/2014).

Aksi itu merupakan buntut kekecewaan atas tersiarnya kabar ketidaknetralan Ketua KPU Sanusi dengan menyambangi kediaman Caleg DPR RI dari Partai Hanura, delapan hari sebelum dilantik sebagai Ketua KPU Kota Tangerang.

Pasalnya, ditengarai akan menghancurkan netralitas penyelenggaraan pemilu, yang sedianya akan digelar 9 April 2014 mendatang.

Koordinator Almstam, Rusli mengatakan, ada pertemuan antara Sanusi dengan Caleg DPR RI. Dan, itu jelas mencederai demokrasi yang bergulir, dalam hal ini Pemilu Legislatif, 9 April 2014.

“Itu jelas mengganggu netralitas penyelenggara KPU. Dan, ini mengindikasikan adanya kepentingan antara KPU Kota Tangerang dan Caleg dimaksud,” katanya.

Pertemuan ini terang Rusli harus diusut tuntas. Dalilnya, ada kekhawatiran pertemuan itu akan membuahkan hasil demokrasi yang tidak baik.

Sementara, Ketua KPU, Sanusi dalam audensi dengan para demonstran mengatakan, pertemuan antara dirinya dengan Caleg DPR RI terjadi sebelum dirinya dilantik sebagai komisioner terpilih.

Dan, Sanusi mengkalim tetap akan menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu. “Dalam pertemuan itu kapasitas saya masih sebagai wartawan. Dan pada pertemuan itu saya dalam konteks urusan bisnis,” katanya.

Sanusi menambahkan, pihaknya juga mengapresiasikan adanya kritikan dari masyarakat ini. Namun, kata dia, pihaknya menegaskan, hingga saat ini KPU Kota Tangerang, masih tetap pada motonya ‘on the track’. **Baca juga: Pelayanan Masyarakat Terganggu Mutasi Pejabat.

“Ini sebuah masukan yang baik. Dan, saya pastikan kita (komisioner KPU, red) masih on the track,” tutupnya.(Ges)

Berita Terbaru