oleh

KPU Kabupaten Tangerang Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada Lebih 80 Persen

image_pdfimage_print

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menargetkan tingkat partisipasi pemilih Pilkada Bupati/Wakil Bupati dan Gubernur/Wakil Gubernur tahun 2024 mencapai lebih 80 persen.

“Yang jelas pada Pilkada ini kami menargetkan partisipasi pemilih itu lebih dari angka 80 persen,” kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar di Tangerang, dilansir Antara dikutip, Sabtu (15/6/2024).

Ia menyebutkan, bahwa capaian target partisipasi pada Pilkada tahun ini diyakini bakal melebihi target. Hal itu bisa dilihat dari pengalaman dalam menyelenggarakan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024 lalu yang memberikan bekal cukup untuk mempersiapkannya dengan lebih baik.

**Baca Juga:KPU Kota Tangerang Luncurkan Jingle, Maskot dan Tagline, Ini Pesan KPU Banten

“Pasti ada peningkatan, karena berbeda dari tahun 2018 lalu penyelenggaraan Pilkada tidak dilakukan secara serentak. Tetapi mudah-mudahan dengan diserentakannya Pilkada tahun ini bisa meningkatkan tingkat partisipasi pemilih,” katanya.

Sebagai upaya mencapai target dari capaian partisipasi pemilih tersebut, KPU Kabupaten Tangerang telah melakukan berbagai sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran demokrasi di kalangan masyarakat.

Salah satunya, seperti dengan menetapkan dan memperkenalkan maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berupa karakter si Bambu sebagai ciri khas daerah Kabupaten Tangerang.

Selain menetapkan maskot, pihaknya telah memiliki tiga jingle baru untuk memeriahkan dan menarik minat masyarakat dalam berpartisipasi pada Pilkada serentak tersebut.

“Jingle ini kita ada tiga versi, satu versi normatif, kedua versi band dan ketiga versi IDM. Jadi ada tiga genre musik. Karena kita ingin pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tangerang tahun sekarang untuk meningkatkan kebahagiaan,” katanya.

Dengan kehadiran si Bambu ini sebagai maskot menjadi pengingat bagi masyarakat agar sama-sama untuk mensukseskan serta meramaikan tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada serentak tahun ini.

Ia juga menambahkan, dari segala persiapan dan dukungan yang ada, pihaknya optimis target partisipasi pemilih yang lebih tinggi dapat tercapai, sehingga menghasilkan pemimpin yang mampu membawa kesejahteraan daerah lebih baik.

“Untuk tahapan Pilkada Kabupaten Tangerang akan berlangsung dengan pelaksanaan hari pencoblosan pada Rabu, 27 November 2024 mendatang,” kata dia.(red)

Print Friendly, PDF & Email