oleh

KPU Cilegon Temukan Puluhan Surat Suara Rusak

Kabar6-Surat suara Pilkada Kota Cilegon yang datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Minggu, (22/11/2015) kemarin, kini mulai masuk tahap pelipatan dan penyortiran.

 

Dalam proses penyortiran yang dilakukan petugas KPU,  ditemukan puluhan kertas surat suara yang rusak.

 

Dari 303.132 lembar surat suara dan 2.000 lembat surat suara cadangan yang ada, sebanyak 20 lembar kertas surat suara di antaranya mengalami kerusakan.

 

Umumnya kerusakan terjadi akibat mengalami robekan pada kertas surat suara, terdapat bercak tinta maupun bekas lipatan yang mengenai gambar pasangan calon.

 

“Tadi kami  temukan surat suara yang cacat baik karena robek, ada lipatan dan terkena tinta. Kita akan kumpulkan dan hitung totalnya, dan nanti kita minta pihak percetakan untuk mengganti,” kata Ketua KPU Cilegon, Fathullah, kota usai melihat surat-suara yang rusak, Senin (23/11/2015).

 

Pelipatan kertas surat suara juga mendapat pemantauan langsung dari Komisioner KPU Banten, Enan Nadia. Kedatangan Enan guna memastikan pelipatan kertas suara tersebut berjalan tepat waktu. ** Baca juga: Kubu Ikhsan-Alin Klaim Sulit Larang Anak-anak di Kampanye

 

“Untuk surat suara rusak, kita imbau kepada KPU kabupaten/kota segera melakukan penjumlahan agar segera dapat diganti secepatnya. Karena kita hawatir ini bisa mempengaruhi kesiapan surat suara meski kita sudah memiliki cadangan,” kata Enan.(sus)

Berita Terbaru