oleh

Kota Tangerang tolak Rencana DKI Bangun Lapas

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menolak keras rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama untuk membangun lembaga pemasyarakatan (lapas) di Kota Tangerang.

“Kalau mau dibangun disini, tentunya akan kami tolak. Bahkan kami tidak akan mengeluarkan ijin untuk pembangunan tersebut,” kata kata Wakil Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah pada kabar6.com, Senin (29/10/2012).

Dijelaskan Arief, penolakan pembangunan lapas diwilayah itu bukan tanpa dasar. Karena Pemkot Tangerang ingin menghapus image sebagai kota penjara.

“Saat ini saja, penjara yang ada akan kita pindahkan. Bahkan, kita sudah usulkan kepada pemerintah pusat uintuk peminahan lapas yang ada isini. Jadi rasanya tidak mungkin penjara baru untuk dibangun disini,” ujar Arief.

Terkait dengan masih banyaknya lahan milik Kehakiman di kawasan Kota Tangerang yang kemungkinan besar bisa dibangun lapas, Arif menegaskan bahwa lahan-lahan kehakiman dan lahan lain yang ada dikota Tangerang berdasarkan tata ruang akan lebih banyak akan dimanfaatkan sebagai RTH.

“Saya minta pak Wakil Gubernur Jakarta untuk lebih bijak berstatement. Jangan masalah DKI dilempar kedaerah sekitar seperti Tangerang. Kita bukan penyangga ibu kota, Kota Tangerang adalah kota berkembang sama seperti DKI Jakarta,” tegasnya.

Untuk diketahui, Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta mewacanakan  membangun lembaga pemasyarakatan diwilayah Tangerang. Pembangunan lapas baru dilakukan untuk mempermudah pembinaan para narapidana, sehingga menjadi lebih kreatif selama menghabiskan masa hukumannya.

“Kami akan membangun lapas di wilayah Tangerang. Ini akan saya bicarakan lebih lanjut dengan gubernur,” katanya saat menghadiri pengukuhan pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) di Manggadua Square, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10/2012) lalu.(Rani)

 

Berita Terbaru