oleh

Kota Tangerang Terapkan Puskesmas Rawat Inap

Kabar6-Guna meningkatkan layanan kesehatan masyarakat yang mengalami kesulitan dalam keterbatasan tempat tidur di rumah sakit, Pemkot Tangerang akan menyiapkan Puskesmas sebagai tempat rawat inap.

Plt Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya melalui dinas terkait telah mengusulkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terkait keberadan puskesmas rawat inap di Kota Tangerang.

“Pemkot masih mengkaji terkait apa saja yang dibutuhkan untuk merealisasikan layanan tersebut, termasuk tenaga medisnya,” katanya, Senin (23/9/2013).

Dikatakan Arief, keberadaan layanan puskesmas rawat inap tersebut agar masyarakat yang jauh dari RSU dapat dirawat di puskesmas terdekat. “Dibutuh sekitar 50-60 puskesmas yang tersebar di tiap kelurahan. Jadi di tiap kelurahan satu puskesmas. Tergantung luas area dan jumlah penduduk,” ujarnya.

Arief menambahkan, dengan layanan ini pasien bisa berobat tanpa harus ke rumah sakit. Pihaknya juga akan merevisi juklak dan juknis program multiguna agar puskesmas menjadi rujukan atau proses screening pasien sebelum ke rumah sakit.

“Yang bisa dirawat di puskesmas hanya penyakit biasa, kalau penyakit kronis dibawa ke RSU. Ini untuk mencegah pembengkakan anggaran kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang Hidayat mengatakan, layanan puskesmas rawat inap merupakan usulan Komisi II sejak lama. Hal ini bisa menjadi solusi kebutuhan tempat tidur yang terbatas.

“Kita bandingkan jika ada 2 juta warga kota Tangerang sekitar 10 persen yang sakit sementara 1000 tempat tidur bagi pasien multiguna, artinya ada sebanyak 2000 orang. Jadi tempat tidur masih kurang banyak,” katanya.

Dia berharap Pemerintah Kota Tangerang segera merealisasikan layanan rawat inap di puskesmas pada tahun 2014. Mengingat usulan tersebut sudah lama dilontarkan Fraksi PKS. “Mudah-mudahan usulan ini dapat terealisasi di tahun depan,”harapnya.(Evan)

Berita Terbaru