oleh

Kota Tangerang Siapkan Rp15 Miliar untuk Stimulus Ekonomi

Kabar6 – Pemerintah Kota Tangerang menganggarkan Rp15 miliar untuk penanganan dampak ekonomi pasca pandemi covid-19. Salah satunya ialah dengan memberikan stimulus berupa modal usaha kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Rp15 Milyar. Yang jelas pelaku usaha mikro dan kecil,” ujar Kepala Dinas Perindagkop UKM, Teddy Bayu, saat hubungi, Jumat (3/7/2020).

Teddy mengatakan, pihaknya saat ini tengah gencar melakukan verifikasi dan validasi data kepada 13.820 UMKM yang tersebar di 104 kelurahan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui jenis usaha dan jumlah modal usaha yang dibutuhkan. “Untuk besarannya masih kita rumuskan,” katanya.

Kepala Seksie Usaha Kecil Menengah (UKM) Disperindagkop Kota Tangerang Musokib mengatakan dalam melakukan pendataan, pihaknya telah menyiapkan aplikasi khusus. Nantinya, pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 dapat mendaftar melalui aplikasi tersebut. Kemudian, Disperindagkop UKM Kota Tangerang akan memverifikasi data tersebut.

“Pakai 2 sistem jemput bola dan pelaku usaha juga bisa daftar lewat aplikasi. Nanti kita lakukan verifikasi. Apakah UMKM itu layak dapat stimulus atau tidak,” terangnya.

**Baca juga: HUT Ke-74 Bhayangkara, Ini Harapan Walikota Tangerang.

Tidak semua UMKM nantinya mendapat bantuan stimulus. Sebab, tidak semua UMKM terdampak. Bahkan, kata Musokib, terdapat beberapa UMKM yang pendapatannya malah meningkat selama pandemi.

“Tidak semua juga akan dapat stimulus karena ada juga UMKM yang beroperasi bahkan ada yang pendapatannya meningkat,”tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru