oleh

Kota Tangerang Siapkan Pengawas Hewan Qurban di Kelurahan

Kabar6-Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Kota Tangerang menurunkan tim pengawas dan pemeriksaan hewan qurban untuk terjun langsung ke lapak penjualan dan pemotongan hewan qurban.

Tim pengawas hewan qurban dimaksud terdiri dari 208 petugas kesehatan hewan asal kelurahan, yang sebelumnya telah mengikuti bimbingan teknis.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kota Tangerang, Iis Aisyah Rodiah, Rabu (24/10) mengatakan, pihaknya menempatkan sedikitnya 2 petugas disetiap kelurahan.

“Saat ini, tim pengawas dan pemeriksaan hewan qurban dimaksud telah bergerak melakukan pengecekan langsung ke lapak-lapak penjualan hewan qurban,” ujar Iis Aisyah.

Sementara, Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Kota Tangerang, H. Charum Supandi mengatakan seluruh hewan qurban yang ada didata dan dicek kesehatannya.

“Para petugas mengkoreksi kelaikan hewan qurban, mulai dari kesehatan, kelaikan tempat penjualan, hingga tata-cara pemeliharaan hewan qurban,” ujarnya.

Sebelum melakukan tugasnya, satgas kesehatan hewan yang terdiri dari 2 petugas di tiap kelurahan telah diikutsertakan dalam sosialisasi hewan qurban.

Mereka telah dibekali ilmu mengenai persiapan dan pelaksanaan kegiatan qurban melalui bimbingan teknis yang telah dilaksanakan Dianas Pertanian Kota Tangerang.

Tim gabungan pemeriksaan hewan tersebut akan mengawasi dan memeriksa kelayakan penjualan hewan qurban di setiap kelurahan.

Pemeriksaan dilakukan diawali dengan pendataan, yang kemudian memeriksa kesehatan hewan tersebut secara menyeluruh, dengan tujuan agar masyarakat yang nantinya mengkonsumsi daging hewan qurban terjaga kesehatannya.(tom migran)

Berita Terbaru