oleh

Kota Tangerang Klaim Banjir Tuntas 2015

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang optimis persoalan banjir di Kota Tangerang dapat teratasi pada tahun 2015 mendatang.

Demikian dikatakan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat monitoring Kali Sabi, di Kecamatan Priuk, Kota Tangerang, (3/12/2014).

Menurut Walikota, pada tahun 2015 Pemkot telah menganggarkan sebesar Rp 25 Miliar untuk program Pengendalian Banjir di Kali Sabi dan sekitarnya.

Dijelaskannya, dana tersebut belum termasuk program normalisasi Kali Cisadane yang akan dimulai pada awal tahun depan.

“Kita juga akan menambah gorong-gorong di pertemuan antara Kali Sabi dan Saluran Irigasi Barat Cisadane, untuk memperlancar debit air,” jelasnya.

Untuk pengendalian banjir di wilayah barat Kota Tangerang, pemkot juga akan membangun Turap sepanjang 850 meter dan juga kolam retensi seluas 6,75 Hektar.

“Itu untuk penanganan banjir kiriman, tapi terkait genangan di perumahan kita akan maksimalkan sumur resapan,” Paparnya.

Ditambahkannya skenario pengendalian banjir di Kota Tangerang, juga mencakup pembangunan turap di Kali Cirarab dan Kali Ledug serta pembangunan pintu air di Kali Cirarab dan Situ Bulakan.

“Tiga sampai empat tahun kedepan persoalan banjir sudah tertangani. Dan, tahun depan akan dilaksanakan penyelesaian normalisai Kali Angke,” sambungnya.

Namun demikian, Walikota juga menyampaikan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah untuk penanganan persoalan banjir. “Pemkab juga akan membuat sodetan di Danau Kelapa Dua, sehingga dapat mengurangi debit air di Kali Sabi,” Ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Walikota juga menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 69, pemkot juga akan membagikan beberapa paket sembako kepada para petugas pintu air yang ada di Kota Tangerang maupun Batu Belah Bogor.

“Selain juga pemancangan gridder di Jembatan Sangego yang akan dilaksanakan nanti malam,” Pungkasnya. **Baca juga: Kota Tangerang Borong KPU Award 2014.

Walikota juga mengungkapkan rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan metropolis dan RSUD Kota Tangerang tembus ke Jalan MH. Thamrin. “Nanti angkot bisa langsung lewat RSUD,” jelasnya lagi.(hms/tom migran)

Berita Terbaru