oleh

Kota Tangerang Kembangkan Drainase Berbasis Sumur Resapan

Kabar6-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang merencanakan bakal membangun sumber resapan air di seluruh wilayah di daerah tersebut.

Pembangunan sumber resapan air itu, bertujuan agar masyarakat tidak hanya menyedot air dari dalam bumi, melainkan juga memasukan air ke dalam bumi.

Kepala Dinas PU Kota Tangerang, Karsidi mengatakan sistem resapan air yang dibangun di seluruh kawasan Tangerang, yakni dengan membuat lubang di saluran drainase yang ada.

Lubang tersebut kemudian akan ditutup dengan media penyaring (filter) yang terdiri dari kerikil, pasir, dan ijuk. Selanjutnya, lubang akan ditutup dengan plat dan batu kali.

“Salah satu fungsi dari sistem ini adalah, dimana air yang meresap akan mengalami proses penyaringan hingga airnya memenuhi standar baku,” kata Karsidi.

Karsidi mencontohkan, sumur resapan yang telah dibangun di sepanjang Jalan M Yamin berjumlah 45 titik. Lubang-lubang itu berada di sisi kanan dan kiri jalan. Adapun kedalaman sumur mencapai 1 meter dengan diameter mencapai 80 centimeter.

“Sistem inilah yang akan terus kita kembangkan di Kota Tangerang, karena sangat bermanfaat dalam meminimalisir genangan air yang ada di jalanan pada saat hujan,” ujarnya.

Selain sebagai penampungan air, lanjut Karsidi, pihaknya juga akan mengembangkan sistem itu hingga dapat mengatasi banjir dengan drainase baru berbasis pada sumur resapan.

“Artinya kita tidak hanya menyedot air dari dalam bumi, sebaliknya bagaimana kita memberikan yang setimpal memasukan air ke dalam bumi,” kata Karsidi.(rah)

Berita Terbaru