oleh

Kota Tangerang dan Tangsel Tak Kebagian PBI dari Provinsi Banten

Kabar6-Kota Tangerang dan Tangerang Selatan tak mendapatkan alokasi iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS kesehatan dari Pemerintah Provinsi Banten sejak beberapa tahun terakhir ini.

“Penyebabnya karena kedua daerah tersebut dianggap mampu,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPRD Banten, Yeremia Mandrofa, Selasa 4/1/2020.

Karena dianggap mampu dalam segi penganggaran, alasan itulah sehingga tidak memerlukan anggaran tambahan dari Pemprov Banten. Apalagi, kedua daerah tersebut memiliki program tersendiri soal pengelolaan kesehatan masyarakatnya masing-masing.

Belajar dari kedua daerah tersebut, sambung Yeremia, penanganan kesehatan masyarakat seharusnya bisa dikerjakan langsung oleh masing-masing Kabupaten/kota agar pendataannya lebih terpusat.

**Baca juga: Penerima Manfaat Iuran BPJS Kesehatan di Banten Rawan Tumpang Tindih.

Hal ini untuk mencegah terlalu banyak pihak yang mengurusi soal pendataan kepesertaan PBI yang ditangani oleh pemerintah, mulai dari pusat, provinsi dan Kabupaten/kota. “Anggarannya bisa diberikan melalui Banprov kepada kabupaten/kota kalau memang tidak cukup. Agar satu pihak saja yang urusi.”

Dengan begitu, kata dia, Pemprov Banten bisa lebih fokus dalam mengurusi pembangunan Rumah Sakit dan pengadaan alat kesehatan (alkes) lainnya yang akan diberikan kepada masyarakat.(Den)

Berita Terbaru