oleh

Kota Tangerang Batalkan Rencana Pembangunan Asrama Haji

Kabar6-Harapan Kementerian Agama untuk bisa membangun asrama haji di kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta (BSH), Tangerang, pupus sudah.

Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terpaksa membatalkan rencana tersebut, menyusul adanya sejumlah persoalan yang membelit. Salah satunya soal ketiadaan lahan.

“Selain lahan yang belum jelas, sampai saat ini Pemerintah Provinsi (Pemrov) Banten juga belum memberikan sinyal terkait rencana pembangunan asrama haji tersebut,” ujar wali Kota Tangerang, Wahidin Halim, Selasa (11/9).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Edi Junaedi mengatakan, proyek pembangunan lahan asrama haji berdekatan dengan BSH, akan memberatkan pengeluaran anggaran pemerintah daerah tingkat II, yakni Pemkot Tangerang.

Sebab, hitungan tanah satu meter saja di bandara sudah mencapai Rp 1 juta, jika membutuhkan lahan empat hektar tentu membutuhkan dana hampir Rp 100 miliar. Tentu, Pemkot Tangerang tidak sanggup untuk membebaskan lahan tersebut.

“Daerah tingkat II akan menjadi beban dengan ongkos pembebasan lahan. Seharusnya Pemprov Banten yang melakukan pembebasan lahan, bukan Pemkot Tangerang,” kata Junaedi.

Sejatinya, menurut Junaedi, pembangunan asrama haji merupakan usulan dari Pemkot Tangerang. Hanya saja dalam rencana tersebut tidak mendapatkan dukungan dari Pemprov Banten.

Sebab dalam perjalanan dari hasil pembicaraan, bahwa konteks pemberian nama kepada bangunan asrama haji itu apakah menjadi asrama haji Tangerang atau asrama haji Banten. Karena, kuota haji terbesar memang berasal dari Banten, bukan dari Tangerang.

“Sebaiknya asrama haji tidak usah di bangun di Kota Tangerang. Selain tanahnya mahal, lahannya juga tidak tersedia. Sebaiknya dibangun di Sepatan, Kabupaten Tangerang saja,” kata Juanedi.

Jumat (7/9) lalu, Kementerian Agama akan mengaji untuk memindahkan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur ke Tangerang. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag, Bahrul Hayat, mengatakan, lokasi asrama haji akan lebih baik jika dekat dengan bandar udara.

Lokasi yang tepat akan dipilih yakni berada di wilayah Kota Tangerang karena berdekatan dengan Bandara Soekarno Hatta-Tangerang. Kemendag telah mengajukan permohonan kepada Gubernur Banten dan Wali Kota Tangerang untuk menyediakan lahan di sekitar Bandara Soekarno-Hatta yang cocok untuk asrama haji.

“Kami harapkan akan ada tersedia lahan untuk itu,”kata Bahrul  seusai membuka Pembekalan Petugas Media Center Haji (MCH) 1433 H/2012 di Hotel Grand Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Ditanyakan mengenai kondisi asrama haji yang sudah sangat memprihatinkan dan apakah akan dibangun baru, Bahrul mengatakan bahwa setiap tahun ada anggaran untuk rehabilitasi asrama.

Untuk wacana pembangunan gedung baru, Bahrul mengatakan wacana membangun asrama haji juga tidak perlu sekaligus tapi bisa bertahap dan itu akan dilaksanakan. “Kami juga ingin agar ada standardisasi asrama dan pelayanannya layak,” katanya.(rah)

Berita Terbaru